Friday, 4 December 2020

Bupati Tinjau Puting Beliung Gempolan

post-top-smn
Genting rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung

Genting rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung

 

Tulungagung, SMN – Bencana angin puting beliung terjang kawasan Desa Gempolan, Kecamatan Pakel, Tulungagung, Senin (26/9/2016) sekitar pukul 12 siang. Meski tidak ada laporan korban jiwa maupun terluka, namun bencana angin berputar ini merusak sedikitnya 47 unit rumah warga. Amuk puting beliung di kawasan Desa Gempolan, Kecamatan Pakel ini berlangsung singkat, senin siang. Sebelum amuk puting beliung, lebih dulu turun hujan. Angin berputar yang suaranya menderu seperti ribuan ekor lebah.

Setelah mengepul membentuk pusaran, angin dengan kecepatan tinggi tersebut menyapu bangunan yang dilewatinya. Warga sekitar pun panik dan berusaha menyelamatkan diri. angin puting beliung ini merusak sebagian genting, asbes maupun  atap rumah warga setempat. Rumah milik Arip Moge warag Gempolan RT 2 RW 2 genting rumahnya rusak sekitar 500 buah, sedangkan dirumah Muji RT 01 RW 02 yang rusak asbes. Sementara itu, rumah yang lain mengalami kerusakan ringan.

Mendapat laporan terjadi bencana putting beliung, Bupati Syahri Mulyo langsung terjun kelapangan dengan didampingi kepala BPBD Kab. Tulungagung.  Dalam kunjungannya, Bupati Syahri menegaskan Pemkab Tulungagung melalui BPBD dan tiga pilar akan melakukan pembenahan terhadap rumah yang rusak. “Saya yakin dalam kurun waktu 2 hari sudah selesai”, tegas Bupati.

“Saya berharap pada  warga untuk berhati hati dan waspada jika turun hujan, mengingat cuaca yang tidak menentu, dengan demikian dapat mengurangi resiko dari bahaya putting beliung”, ujar Bupati. (hms/adv/yas)

post-top-smn

Baca berita terkait