Wednesday, 30 September 2020

Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlissoni, Antisipasi Harga Gabah Anjlok Saat Panen Raya

post-top-smn
Bupati Ponorogo H Ipong Muchlissoni bersama Forpimda Kabupaten Ponorogo saat panen raya.

Bupati Ponorogo H Ipong Muchlissoni bersama Forpimda Kabupaten Ponorogo saat panen raya.

 

Ponorogo, SMN Dalam mengantisipasi anjloknya harga gabah pada waktu panen raya, saat ini para petani sudah mempersiapkannya dalam mengawali musim panen.Diharapkan berbagai permasalahan yang selalu timbul dan menghantui pada saat panen raya seperti harga gabah dan beras anjlok dapat teratasi sehingga petani tidak merugi.

Hal tersebut telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo bersama Dinas Pertanian Ponorogo dalam panen raya gabah,kedelei dan jagung pada hari senin 14/3 bertempat di desa Tegal Sari Kecamatan Jetis dan Sukun kecamatan pulung kemarin.

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memanen gabah dengan alat pertanian modern yang canggih.

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memanen gabah dengan alat pertanian modern yang canggih.

Hadir dalam giat tersebut Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni, Kepala Dinas Pertanian Ponorogo.Ir.Harmanto, Forpimda kabupaten Ponorogo dan segenap undangan yang hadir. Panen raya dipimpin langsung oleh Bupati Ponorogo Drs.H. Ipong Muclissoni, produk pertanian yang dipanen gabah dan jagung. Selama ini Kabupaten Ponorogo memang merupakan salah satu daerah lumbung padi di Jawa Timur.

Peran TNI memang cukup besar dalam mensukseskan ketahanan pangan nasional. Menurut Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni, selain permasalahan klasik, terkait musim panen, yaitu anjloknya harga gabah, saat ini yang merupakan ancaman para petani yaitu memasuki masyarakat ekonomi asean (MEA), juga menambah problematika petani. “Sebab, berbagai macam produk pangan dari luar akan masuk ke dalam negeri, kami harapkan hasil pertanian di Kabupaten Ponorogo tidak kalah, sehingga dapat bersaing dengan produk pertanian luar negeri, seperti thailand,burma dan negara lainnya”, pungkas Ipong Muchlissoni.

Selain dilakukan panen raya, untuk menambah kedekatan hubungan antara para petani dan Bupati juga dilakukan dialog antara kelompok tani dengan dinas pertanian maupun kepada bupati, hal tersebut dimaksudkan berbagai keluhan petani dapat tersampaikan langsung kepada bupati dan dinas pertanian Ponorogo, sehingga sesegera mungkin permasalahan para petani yang ada di lapangan teratasi dengan baik.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Ponorogo Harmanto membeberkan, pemerintah harus sesegera mungkin untuk mengambil langkah, dalam mengantisipasi anjloknya harga gabah saat ini, hal tersebut Bulog juga berperan penting dalam menyerap hasil panen para petani.

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memberikan benih pertanian.

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memberikan benih pertanian.

Seperti yang telah kita sepakati bersama-sama Bakorwil tujuh, Bulog dan Menteri Pertanian di Aula Korem 081/DSJ Madiun beberapa waktu yang lalu. “Harga gabah jangan sampai anjlok Sehingga petani tidak terus merugi dan ketahanan pangan bisa selalu terpenuhi”, jlentereh Harmanto. (Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait