Wednesday, 2 December 2020

Bupati Perintahkan Serap Silpa Secara Maksimal

post-top-smn
Bupati Ngawi, Budi Sulistyono alias Kanang

Bupati Ngawi, Budi Sulistyono alias Kanang

Ngawi, SMN – Bupati Ngawi, Budi Sulistyono meminta setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di wilayahnya bergerak untuk menyerap dengan maksimal anggaran APBD. Apalagi performa keuangan ngawi sampai akhir tahun 2015 diketahui membengkak silpanya. “Target saya, sebelum pembahasan P-APBD 2016 bisa diserap sampai 80 persen,” ujar Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi ini.

Sampai akhir tahun lalu, posisi Silpa Ngawi cukup fantastis yakni mencapai Rp 247M dan sebagian besar merupaka tunjangan pegawai dan DAK. Hal ini terkait dengan transferan dana tunjangan profesi dimana jumlahnya lebih banyak daripada yang bisa dibagi. “Naah, kegiatan-kegiatan yang pos sudah jelas begini kan percuma juga menumpuk jadi Silpa, digunakan untuk tunjangan tidak bisa dialihkan ke kegiatan lain juga tidak boleh,” ungkapnya.

Hal itu menurut Kanang memerlukan campur tangan pusat merunut asal transfer dana dari APBN. Sampai akhir Juli lalu, TPP sudah berhasil dicairkan dan diterima kalangan guru. Sementara DAK akan dikoordinasikan dengan dinas penerima proyek DAK. Demikian pula dengan dana transferan yang harus dikucurkan ke desa-desa. “Saya perintahkan, SKPD untuk bisa menyerap silpa dengan baik, tentunya jangan menyalahi aturan yang berlaku,” ujar bupati. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait