Thursday, 1 October 2020

Bupati Jember Faida : Terlibat Pungli, Sanksinya Dipecat

post-top-smn
Bupati Jember, dr Faida

Bupati Jember, dr Faida

Jember, SMN – Bupati Jember, dr Faida kepada sejumlah media menegaskan bahwa tidak ada ampun bagi oknum Pegawai negeri Sipil (PNS) yang terlibat praktik pungutan liar (pungli). Sanksi tegas berupa pemecatan disiapkan, apabila masih ada pegawai yang berani melanggar prosedur yang ditetapkan.

Sanksi tegas itu sejalan dengan program pemerintah pusat memberantas praktik pungli dalam pelayanan publik.

“Sanksi pelanggaran pasti ada dan berat. Kejadian operasi tangkap tangan (OTT) oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu tersebut menjadi pelajaran baik. Kita sudah menuju clean goverment (pemerintahan yang bersih), “ katanya, Rabu (19/10) lalu.

Bupati Faida juga menyampaikan jika pihaknya terus mengingatkan pegawainya di berbagai instansi layanan publik jangan sekali-kali melakukan pungli. Karena merupakan tindakan yang tidak terpuji dan merugikan.

“Pungli tidak perlu besar, yang kecil-kecil juga akan kita tindak. Mulai dari dinas, kecamatan sampai ke desa kelurahan, “ ujarnya.

Dia membenarkan, tidak semua urusan di instansi pemerintah gratis. Memang ada yang bayar, namun sesuai aturan yang ditentukan dan masuk ke kas daerah dalam bentuk pendapatan asli daerah (PAD).

“Pegawai di instansi pelayanan sudah paham. Kalau yang tidak boleh ya jangan. Retribusi harus sesuai Perda dan aturannya sudah sangat jelas, “ ungkapnya.

Dikatakan Bupati Faida, kasus pungli ini sudah ada dan sudah ada yang diberikan sanksi, dan itu jumlahnya tidak sedikit.

“Yang jelas ada informasi, dan inspektorat turun menemukan bukti, maka kita langsung tindak tegas tanpa harus menunggu lama-lama, “ bebernya.

Bupati Faida juga memberikan penjelasan, bahwa sebagai abdi negara para pegawai dituntut untuk mengabdi, melayani dan berbuat yang terbaik. Dengan begitu masyarakat akan merasa senang.

“Kalau rakyatnya senang dan senyum, Jember akan makin maju, “ tuturnya.

Dia yakin pelayanan di Pemerintah Kabupaten Jember ini bebas pungli. Faida juga berharap, peran masyarakat mencegah praktik-praktik ilegal semacam itu.

“Jadi kalau ada laporan pasti kita tanggapi, baik melalui SMS, WA, Facebook, Surat resmi bukan surat kaleng. Awak media disini juga sangat berperan penting dalam memberikan informasi terkait hal itu, “ paparnya.

Sebelumnya dalam kutipan media nasional juga diberitahukan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) Asman Abnur menegaskan bahwa PNS yang terbukti melakukan pungutan liar atau ditangkap tangan lakukan pungli akan langsung dipecat dari jabatannya. Pemecatan tersebut, kata dia tanpa menunggu proses pengadilan.

“Kalau ada PNS yang lakukan pungli, maka resiko ditanggung sendiri. Kalau terbukti, kita langsung pecat, tanpa menunggu putusan pengadilan, “ ujar MenPAN-RB Asman Abnur di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, seperti dikutip dari salah satu media nasional.

Pihaknya, kata Asman tengah menyiapkan aturan untuk memecat PNS, yang melakukan pungli tanpa melalui‎ pengadilan sehingga proses pemberian sanksi akan lebih cepat. Aturan akan segera dibuat karena sebagai respon atas perintah Presiden Joko Widodo agar PNS yang lakukan pungli dikenakan sanksi pemecatan.

“Saya lagi membahas dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk membuat aturan bagaimana memecat PNS pungli, “ kata dia.

Lebih lanjut, Asman mengatakan bahwa, dalam penyusunan sanksi terhadap PNS, pihaknya akan memperhatikan prosedur yang ada. Pasalnya, sanksi terhadap PNS sudah diatur dalam PP 53/2010 tentang Disiplin PNS.

“Ini yang akan kami formulasikan aturannya agar prosesnya lebih cepat. Apalagi untuk memecat PNS ada prosedur yang harus dilewati‎. Selain itu mereka juga diberi kesempatan untuk mengajukan banding. Nah yang begitu-begitu harus dikaji lagi agar aturan yang dibuat dasarnya kuat, “ tandasnya.

Praktik pungli di sejumlah instansi dan lembaga pelayanan publik, kini menjadi perhatian Presiden RI, Joko Widodo dengan menginstruksikan semua jajaran pemerintahan khususnya Polri untuk bersih-bersih dari Pungli. Tidak hanya itu, Jokowi juga memerintahkan agar Kapolri membentuk Satgas Pemberantasan Pungli. (atiek)

post-top-smn

Baca berita terkait