Tuesday, 27 October 2020

Bupati Ipong Launching Perijinan Online, Sebagai Upaya Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

post-top-smn
Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memukul gong, tanda dibukanya pembayaran online

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat memukul gong, tanda dibukanya pembayaran online

Ponorogo, SMN – Sebagai bukti tekad pemerintah kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani atau Good Goverment maka berbagai terobosan dilakukan. Salah satunya dengan membuka layanan perijinan online. Launching perijinan online oleh bupati Ipong Muchlissoni dilaksanakan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu (PM PSP) bertepatan dengan satu tahun berjalannya pemerintahan Bupati H.Ipong Muchlissoni, yang dihadiri Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni,kepala SKPD terkait dan segenap undangan yang hadir pada hari Jum’at (17/2) lalu.

Dalam sambutannya bupati Ipong mengatakan bahwa dibukanya layanan perijinan online ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Jadi masyarakat bisa lebih mudah dalam mengurus ijin usaha, tinggal klik internet maka dalam waktu tiga jam perijinan selesai. Memang saat ini baru SIUP dan TDP yang bisa dilayani secara online. Namun nanti secara bertahap semua jenis perijinan bisa dilayani secara online, “terang bupati Ipong. Lebihlanjut Ipong mengatakan bahwa dibukanya perijinan online ini juga sebagai upaya menekan adanya pungutan liar. Karena pemohon langsung mendownload aplikasi di internet. “Dengan adanya perijinan online ini diharapkan investasi lebih banyak masuk ke Ponorogo karena lebihmudah mengurus ijin. Namun dukungan semua pihak stakeholder yang terkait sangat menentukan kesuksesan perijinan online ini, “imbuh Ipong.

Sementara itu Plt kepala dinas PM PSP Sumarno mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih membuka layanan perijinan manual. Dengan adanya layanan perijinan online ini diharapkan dapat menyederhanakan pelayanan kepada masyarakat dan dapat diakses oleh masyarakat dalam waktu yang singkat. “Kami juga membuka pendampingan kepada masyarakat yang ingin mengurus perijinan online di kantor ini. Dengan perijinan online ini berkomitmen untuk mensukseskan dan mendukung program -program pemkab Ponorogo untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih cepat, akurat dan akuntabel, “ungkap Sumarno Plt kepala dinas PM dan PSP. Namun untuk mempercepat proses perijinan online juga perlu dukungan semua pihak. Khususnya para kepala SKPD yang terkait pemberian rekomendasi. Karena di perijinan online ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon salah satunyan rekomendasi dari dinas tertentu. Apabila semua persyaratan sudah lengkap maka perijinan online dapat diproses selama tiga jam. Dan pemohon tidak perlu repot-repot datang ke dinas PM PSP namun cukup mencetak perijinan yang dimaksud dimana pun baik di rumah, warnet atau tempat lainnya.

Sementara itu masyarakat menyambut gembira dengan adanya perijinan online. “Wah… seneng ya ada program ini.Jadi gak perlu wira wiri kesini. Tinggal klik komputer beres deh, “kata Yulia yang datang ke dinas PM PSP hari itu.

Dari berbagai program yang dicanangkan oleh pemkab ponorogo saat ini tak lain sebagai upaya menuju Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius. (wied)

post-top-smn

Baca berita terkait