Sunday, 27 September 2020

Bupati Blitar: Tingkatkan Ketahanan Pangan Dengan Inovasi

post-top-smn
Bupati Blitar, H.Rijanto saat kegiatan panen raya di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Rabu (21/9/2016) lalu

Bupati Blitar, H.Rijanto saat kegiatan panen raya di Desa Serang Kecamatan
Panggungrejo, Rabu (21/9/2016) lalu

Kab Blitar, SMN – Kabupaten Blitar merupakan satu diantara daerah di Jawa Timur yang dipercaya sebagai daerah penyangga pangan nasional. Mengingat kabupaten ini selalu surplus produksi pertanian. Ini berkat kerjasama antara petani, SKPD terkait, petugas penyuluh pertanian dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Harapannya, kedepan produksi pertanian baik di Blitar selatan maupun kawasan Blitar utara selalu mengalami kenaikan. Untuk itu diminta petugas penyuluh pertanian dan petani untuk selalu berinovasi, termasuk penggunaaan benih bersertifikat. Demikian sambutan Bupati Blitar, H.Rijanto dalam rangka panen raya di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Rabu (21/9).

Bupati Blitar juga menyampaikan, potensi kawasan Blitar selatan tidak kalah dengan Blitar utara. Ini terbukti produksi jagung, kedelai dan lombok dari wilayah ini berlipat dan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani. Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga memberikan apresiasi keberhasilan para petani di Desa Serang. Hasil panen mereka meningkat drastis. Yang semula hanya satu kali tanam saat ini bisa sampai 3 kali tanam dalam setahun.

Sementara itu, Dwi Handoko, Kepala Desa Serang menyampaikan, luas lahan sawah Desa Serang sekitar 77 hektare. Ini terdiri dari sawah teknis 60 ha, non teknis 5 ha dan 12 untuk tambak udang. Untuk jenis bibit padi sementara ciherang 44 ha dan legowo jajar 25 ha. Jenis logowo jajar ini menghasilkan 8,1 ton/ hektare. Dan 40 ha total luas lahan sawah di desa ini menggunakan benih bersubsidi. Rata-rata satu hektare mampu mengasilkan padi sekitar 7,2 ton. Dwi Handoko menjelaskan bahwa saat ini Kelompok Tani Sekar Mulyo sedang melakukan uji coba benih ciherang dengan tanpa menggunakan pestisida atau sekitar 30% mengurangi bahan kimia. Dan ini sudah dua kali tanam. Hasilnya tidak kalah dengan padi yang masih mneggunakan bahan kimia.

Kades Serang ini mengungkapkan harapan masyarakat Desa Serang, agar Pemerintah Kabupaten Blitar memberikan tambahan bantuan saluran irigasi dan jaring untuk menghalau hama tikus dan burung. Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan beberapa event yang akan digelar di Pantai Serang antara lain, tanggal 25 September 2016 akan digelar festival layang-layang se-Jawa Timur, tanggal 2 Oktober 2016 Larung Sesaji, 8 Oktober Festival Jazz Pantai se-Jawa Timur dan juga Festival patung pasir dengan peserta pelajar se-Kabupaten Blitar.

Seperti diketahui, panen raya yang dihadiri Bupati Blitar, Dandim 0808, beberapa Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Camat Panggungrejo dan Muspika ini disambut dengan hiburan jaranan yang diperagakan pelajar dari Desa Serang. Kemudian secara simbolis, Bupati Blitar, Dandim 0808, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar melakukan potong padi di area panen. Sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME, karena hasil panen yang meningkat, juga diacarakan potong tumpeng oleh Bupati Blitar yang diberikan kepada Kepala Dinas Pertanian, Ir. Eko Priyo Utomo. Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan program upaya khusus padi, jagung dan kedelai berupa handtactor untuk Kelompok Tani Sekar Mulya Desa Serang, Trans Planter untuk Kelompok Tani Barokah Desa Margomulyo, alat tanam jagung yang diberikan kepada Kelompok Tanui Lestari Desa Serang, Hand Spayer untuk Kelompok Tani Sekar Lestari dan Power Treser Multiguna untuk Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Panggungasri.

Panen raya yang dihadiri oleh Kelompok tani se-Kecamatan Panggungrejo ini juga diacarakan dialog antara Bupati Blitar dengan para petani. Beberapa perwakilan dari kelompok-kelompok tani tersebut diantara mengharapkan tambahan saluran irigasi, perbaikan jalan usaha tani tepatnya disebelah timur pasir putih. Ini penting karena juga merupakan akses menuju lokasi wisata Pantai Pasir Putih. Menanggapi hal itu, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini berkoordinasi dengan SKPD terkait. Diakhir acara, Bupati Blitar dan rombongan berkesempatan foto bersama dengan para kelompok tani yang hadir diacara tersebut.(hms/adv/mam)

post-top-smn

Baca berita terkait