Wednesday, 21 October 2020

Bentuk Pansus, DPRD Akan Segera Bahas Ranperda Kepala Desa

post-top-smn
Yudi Hariyanto - Ketua Pansus 2  DPRD Ngawi

Yudi Hariyanto – Ketua Pansus 2 DPRD Ngawi

Ngawi, SMN – DPRD Ngawi membentuk Panitia Khusus untuk membahas rancangan Peraturan Daerah yang diusulkan eksekutif. DPRD Ngawi langsung membentuk dua pansus yakni Pansus I untuk membahas ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan, ranperda  penyelenggaraan kearsipan dan pencabutan Perda tentang Susduk Kepala Desa.

Sementara Pansus 2 akan membahas tentang ranperda penyelengaraan pendidikan, Ranperda tentang perubahan Perda No 1/2015 tentang Kepala Desa dan perubahan atas Perda No 26/2011 tentang Pajak Hiburan. Kuswandono ditetapkan sebagai Ketua Pansus 1 sementara Yudi Hariyanto ditetapkan sebagai Ketua Pansus 2 dan semua pembahasan ranperda ditargetkan masuk dalam sidang paripurna paling lambat pertengahan April mendatang. “Targetnya April sudah bisa diparipurnakan, kami akan kebut dengan hearing bersama pihak-pihak terkait dan jadwal hearing akan dibahas dalam rapat Badan Musyawarah 28 Februari, “ ujar Ketua Pansus 2, Yudi Hariyanto.

Yudi menyatakan, pembahasan soal perubahan Perda tentang Kepala Desa akan menjadi bahasan yang menarik. Apalagi di dalam ranperda juga akan menyesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan pusat termasuk ketetapan Mahkamah Konsitusi (MK) bahwa calon kepala desa sedikitnya lima orang dan dibentuknya panitia seleksi. “Salah satu yang menjadi menarik karena semua warga Indonesia berhak mencalonkan diri sebagai cakades tidak harus yang ber-KTP atau berdomisili di desa setempat,” tambah Yudi.

Perubahan mengenai Pajak Hiburan juga akan menjadi konsenrasi dewan karena tidak lagi memasukkan sarana golf sebagai hiburan. Termasuk perubahan tarif pajak hiburan yang direncanakan untuk naik mulai tahun 2017 ini. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait