Tuesday, 24 November 2020

Bekerja Sama Untuk Membersihkan Pantai Di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan

post-top-smn

2017-04-01-14-32-29--1881931437

Pasuruan, SMN –  Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2017, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bersama ribuan pelajar se-Kabupaten Pasuruan dan Warga disekitarnya melakukan aksi bercocok tanam berjenis bibit mangrove dan bersih-bersih sampah yang ada di Pantai Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jumat 30 – 03 – 2017 pagi.

Dalam kegiatan bersih-bersih Pantai yang ada di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, dilakukan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Kapolres Pasuruan, AKBP Muhammad Aldian, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Soegiyatmono, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf beserta pengurus, dalam beberapa perusahaan yang mendonator bibit mangrove, yaitu PT. Kino Indonesia Tbk.

Dari pantauan SMN dilapangan, sebelum bersih-bersih pantai dan bercocok tanam bibit mangrove, Pemkab Pasuruan, telah mempercayakan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam kegiatan tersebut, dan awal dalam kegiatan tersebut adalah penyerahan 3000 bibit mangrove yang diserahkan oleh Rizal Novri, perwakilan dari PT. Kino Indonesia Tbk kepada Bupati Irsyad, Wabup Gagah, Ny Lulis dan segenap unsur Forkopimda.

Dan bibit mangrove dari berbagai jenis bentuk tanamannya, diantaranya Nangka, Durian, Kemiri, Matoa, Gemitri dan berjenis yang lainnya akan ditanam di zona 3 Kecamatan Prigen.

Muhaimin, Kepala DLH Kabupaten Pasuruan menjelaskan, dalam kegiatan bersih-bersih sampah yang ada dipantai Desa Penunggul, Kecamatan Nguling adalah upaya yang tengah saat ini kita lakukan supaya Pantai tersebut bisa berubah untuk pemandangannya yang bisa menjadi lebih bersih, sehat, dan bebas sampah juga sedap dipandang mata.

Sampai sejauh ini dalam persoalan sampah yang ada dipantai masih menjadi kendala bagi kita semua, lantaran dibutuhkan usaha keras masyarakat supaya dapat memberikan pemahaman kepada mereka akan pentingan dalam menjaga kebersihan disekitar pantai.

“Meskipun masyarakat susah untuk diajak, akan tetapi kita tidak menyerah untuk mengajak masyarakat peduli terhadap kebersihan sampah yang ada dilaut,” pungkasnya.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wabup Riang Kulup juga sering berkali-kali untuk mengajak masyarakat bersih-bersih pantai yang ada di Kabupaten Pasuruan, dengan kegiatan ini semoga saja semakin lama bila kita sering bersihkan sampah yang ada dilaut bisa berkurang dan tidak ada lagi orang yang  membuang sampah di laut,” jelas Muhaimin.

Disisi lain,  untuk penanaman di kawasan wisata mangrove adalah bibit mangrove yang akan kita tanam, dan sedangkan bantuan dari PT. Kino Indonesia Tbk alan akan kita tanam wilayah Kecamatan Prigen, untuk batuan dari PT. Kino Indonesia Tbk alan.

Harapannya adalah agar dapat diikuti oleh semua pihak masyarakat, minimal bisa menjaga tanaman yang sudah kita tanam. “Dan semoga dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini, masyarakat akan bisa memahami bahwa tanggung jawab untuk menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf menegaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah yang ada dipantai harus kita lakukan secara berkelanjutan, dengan tujuan agar semakin lama, banyaknya sampah di sekitar pantai semakin berkurang.

“Sebenarnya kita punya pantai yang sangat bagus, mulai dari Pasir, Ombaknya, Airnya yang berwarna biru sampai pemandangannya bila tidak ada sampah dipantai tersebut akan lebih bagus panoramanya yang berfareasi. Maka dari itu, kita sudah membersihkan sampah yang ada dilaut bersama-sama, Untuk kegiatan ini harus tetap dilaksanakan sampai pantai kita bersih dan layak untuk dikunjungi oleh penikmat laut dan para turis,” terangnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait