Friday, 23 October 2020

BBWS Brantas Berharap Kegiatan Sekolah Sungai Bisa Diikuti Kab/kota

post-top-smn

bbws Surabaya, SMN – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas berharap kegiatan Sekolah Sungai yang sudah dilakukan BBWS Brantas di Desa Wiyu Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto bisa menjadi contoh dan diikuti oleh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Selain itu, juga bisa diikuti di sekitar aliran Sungai Brantas khususnya Kab. Kediri, Kab. Malang bahkan Kota Batu yang terdapat Sumber Brantas.

“Sungai ini bukan milik Kementerian PUPR saja, bukan milik pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah, tapi merupakan milik bersama, sehingga kita harus bersama-sama menjaga keberadaan sungai serta kelestariannya,” tegas Kepala BBWS Brantas, Amir Hamzah dikonfirmasi di kantornya jalan Wiyung Surabaya, Selasa (4/4).

Dikatakannya, BBWS Brantas juga telah melakukan kegiatan sekolah sungai beberapa waktu lalu di Desa Wiyu, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto dan diadakan penanaman bibit pohon yang dapat berbuah di sekitar tubuh Bendung Padipomahan.

Selain itu, juga dilakukan penebaran 1.000 bibit ikan dan dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama antara BBWS Brantas, Brantas Berdaya, dan para siswa siswi yang akan menjadi penggerak Sekolah Sungai pertama di Kab.Mojokerto.

Dalam kegiatan Sekolah Sungai ini para siswa dan siswi sekolah serta masyarakat juga diajarkan mengenai cara bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik, mengelola bank sampah, Brantas Rescue, mengubah air hujan menjadi air layak minum dan mempelajari sumber energi yang terbarukan yaitu dengan mengguakan tenaga surya, semua peserta yang hadir dapat menggali informasi dan pengetahuan selama pelaksanaan Sekolah Sungai Expo 2017 di Bendung Padipomahan Wiyu Kab. Mojokerto.

Pemerintah dalam hal ini melalui BBWS Brantas mendukung sepenuhnya kegiatan Sekolah Sungai yang digagas oleh Brantas Berdaya guna memberdayakan, melibatkan secara langsung dan menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya sungai bagi kehidupan. (pca/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait