Friday, 23 October 2020

Bapas Pamekasan Gelar Pelatihan Ketrampilan Bagi Klien Balai Pemasyarakatan

post-top-smn
Kepala BAPAS memberikan penyematan peserta bimbingan kemandirian

Kepala BAPAS memberikan penyematan peserta bimbingan kemandirian

Pamekasan, SMN – Dalam menangani suatu klien pemasyarakan ini perlunya pembinaan bagi mereka ketika mereka akan mendapat masa habisnya dalam pemasyarakatan. Balai pembinaan pemasyarakatan Pamekasan (BAPAS) yang di kawasan jalan jalmak no 14 Pamekasan tadi pagi seputar pukul 08.00-0930 tengah menggelar suatu Bimbingan Kemandirian bagi Klient Balai Pemasyarakatan dalam suatu kegiatan Pelatihan Keterampilan Mengemudi yang pelaksanaan di lantai II, selasa (28/02/2017).

Pada giat Pelatihan Keterampilan Mengemudi bagi Klient Balai Pemasyarakatan yang dalam masa habis pemasyarakatannya yang pelaksanaannya mulai dari tanggal 28/02 s/d 03 /03 2017.Pada acara tersebut Kepala Bapas Pamekasan Yuyun Nurliana, S.IP selaku pembuka acara Bimbingan Kemandirian Klient Balai Pemasyarakatan dalam Pelatihan Keterampilan Mengemudi menjelaskan dalam pelatihan tersebut ada beberapa klient yang kami libatkan dalam kegiatan keterampilan mengemudi yang hanya berjumlahkan kurang lebihnya 15 klient.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan pelatihan mengemudi yang sekaligus memberikan fasilitas pemberian Surat Ijin Mengemudu  (SIM) kelak klient kami tidak mendapati kesulitan dalam mengemudi nanti.Sementara klient yang kami libatkan ini hanya lingkupan dari kabupaten Pamekasan, tandasnya.

Ditambahkannya, Yuyun menyampaikan pada awak media SMN, sebelum giat Bimbingan Kemandirian ini kami sebelumnya melakukan MOU terlebih dahulu dengan pihak ke tiga yakni dafi pelatihan setir mobil yang dipimpin  oleh bapak Nurahmad.Dalam pelatihan tersebut disiapkan beberapa mobil yang akan dibagikan menjadi beberapa tahap. Kurun waktu pelatihan yang cukupa lama ini pada saat pelatihan mengemudi menghabiskan waktu selama kurang lebih tujuh jam lamanya.Begitu selesai Bimbingan Pelatihan ini para Klient akan kami ikutkan untuk test SIM guna mendapatkan SIM, terangnya.

Dari kegiatan tersebut kami harapkan ke semua kalangan dan masyarakat supaya memberikan dukungan dan supportnya demi terwujudnya situasi yang kondusif terhadap klient binaannya yang sewaktu waktu keluar dari lembaga pemasyarakatan, tuturnya.

Diharapkan setelah acara ini selesai semoga para klient yang sudah mendapatkan pelatihan ini lebih percaya diri setelah mereka keluar dari pemasyarakatan.Serta perlunya mereka dibimbing kami dan diberikan keterampilan yang sifatnya Life Skill, yang ketika mereka kembali ke masyarakat mereka sudah memiliki dan mempunyai modal dasar untuk mencari lapangan kerja yang halal.Karena kalau tidak memiliki keterampilan akan ada kemungkinan besar mereka kembali ke jalan yang salah, imbuhnya.

Selanjutnya pemberian pemateri dari Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Pamekasan, Sri Sugiarto menjelaskan acara yang di adakan oleh BAPAS ini sangat baguscdan dalam Bimbingan Pelatihan ini para klient yang nantinya habis masa  tahanannya pelatihan ini bisa menjadikan bekal mereka untuk mempunyai pekerjaan yang lebih baik lagi.Acari ini sangatlah kami dukung dan kami siap membantu dan apabila dimintai untuk pemberian materi penyuluhannya dalam bertertib lalu lintas. Pada kegiatan ini kami berharap supaya kegiatan tersebut berlanjut terus dan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting sekali.Dan kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh BAPAS sendiri akan tetapi juga adanya keterkaitan hubungan kerja sama  pihak ke tiga yang siap mendukung acara tersebut dan guna untuk mensukseskan kegiatan ini dan kami berpesan kepada Kepala BAPAS yang nantinya ada kegiatan pembinaan yang lain dan kita siap hadir dalam memberikan pengarahannya, tuturnya. (hen)

post-top-smn

Baca berita terkait