Tuesday, 29 September 2020

Ayo Dukung Ibu Menyusui

post-top-smn
Pengukuhan para pengurus KP-ASI oleh Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno

Pengukuhan para pengurus KP-ASI oleh Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno

Kediri, SMN – Dalam rangka memperingati Pekan Asi Sedunia (PAS), Pemkab Kediri melaksanakan kegiatan Lomba Cipta Menu Lancar ASI (Air Susu Ibu) Bagi Ibu Menyusui dan Lomba Fashion Show Ibu Menyusui. Kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 30 Agustus 2016 di Gedung bagawanta Bhari Kediri. Lomba ini diikuti oleh anggota Tim Penggerak PKK yang tersebar di 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri. Antusiasme dari para peserta terlihat dengan tampilan menu yang variatif dan kreatif. Demikian juga peserta dari fashion show ibu menyusui juga sangat antusias. Bukan hanya sisi fashion ibu dan bayinya saja yang dinilai tetapi peserta juga melewati tahap wawancara dengan juri.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Kelompok Pendukung Air Susu Ibu (KP-ASI) Kabupaten Kediri.  Pengurus KP-ASI Kabupaten Kediri ini akan bertugas  membina, memonitoring, mengevaluasi dan mengawasi pelaksanaan dan pencapaian program ASI difasilitas pelayanan kesehatan, satuan pendidikan kesehatan, tempat kerja, tempat sarana umum dan kegiatan mayarakat di daerah. Selain itu KP-ASI ini juga akan mendukung program pemberian ASI eksklusif dengan berpedoman pada LMKM (Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kediri, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Kediri, Ketua Dharma Wanita Persatuan kabupaten Kediri, Kepala SKPD Kabupaten Kediri, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ketua Ikatan Bidan Indonesia, Ketua Persatuan Rumah sakit Indonesia dan Ketua Komunitas Peduli ASI Kediri. Dalam Sambuatannya Bupati Kediri menyampaikan bahwa pemberian ASI adalah pemenuhan hak bagi ibu dan anak. “ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan TUHAN dan tidak tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain, pemberian ASI eksklusif memberikan keuntungan baik bagi bayi, ibu maupun keluarganya. Dengan ASI eksklusif  bayi memperoleh kekebalan alami dari kolostrum, dapat meningkatkan berat badan bayi yang lahir rendah, meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan anak, serta sangat ekonomis bagi keluarga tanpa harus membeli susu formula”, ucap Haryanti Sutrisno.

Para pengurus KP ASI tingkat Kabupaten Kediri. Ayo dukung Ibu menyusui

Para pengurus KP ASI tingkat Kabupaten Kediri. Ayo dukung Ibu menyusui

Adapun pemenang dari lomba cipta menu lancar ASI bagi ibu menyusui adalah juara I wakil dari Kecamatan Plemahan, juara II wakil dari Kecamatan Kandat, juara III wakil dari Kecamatan Mojo dan juara IV wakil dari Kecamatan Banyakan. Sedangkan pemenang lomba fashion show ibu menyusui juara I Dian Rusidah dari Kecamatan Semen, juara II Yuni dari Kecamatan Ringinrejo, jura III Amin Wahyuni dari Kecamatan Plosoklaten dan jura IV Putri Novarini dari Kecamatan Kras.

Perlu diketahui Deklarasi INNOCENTI tahun 1990 di Florence Italia mengamanatkan pentingnya mengkampanyekan ASI sebagai bagian penting dari upaya “Perlindungan, Promosi dan Dukungan Menyusui”. Tema peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2016 adalah “BREASTFEEDING A KEY TO SUSTAINABLE DEVOLEPMENT” yang mengandung makna bahwa menyusui merupakan kunci keberhasilan SDGs (SUSTAINABLE DEVOLEPMENT GOALS) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk tingkat nasional mengakat tema “Ibu Menyusui Sampai 2 (Dua) Tahun Lebih Hemat, Anak Sehat Dan Cerdas, Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera” dan dikuatkan dengan slogan “Ayo Dukung Ibu Menyusui”.(adv/hms/kan)

 

post-top-smn

Baca berita terkait