Wednesday, 21 October 2020

Akibat Galian C, Jalan Rusak Parah

post-top-smn

galian c

Jombang, SMN – Galian c yang berada dilokasi Desa Jatiduwur Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang diduga tanpa izin resmi. Dugaan ini diperkuat dengan tidak adanya papan nama izin yang harus dipampang dimuka umum. Dengan adanya galian c didesa Jatiduwur Kec. Kesamben Kab. Jombang jalan desa yang dulunya layak pakai sekarang rusak parah. Menurut keterangan warga sekitar galian c itu hanya diambil tanahnya saja dan digunakan sebagai uruk jalan tol. Tanah yang digali berasal dari tanah milik warga yang disewa dengan tinggi. Dengan adanya jalan rusak parah banyak aktivitas masyarakat maupun anak sekolah yang terganggu.

Sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014, ada beberapa kewenangan yang sebelumnya menjadi tanggung jawab kabupaten / kota sekarang menjadi kewenangan pemerintah provinsi diantara kewenangan tersebut yakni kewenangan mengeluarkan izin pertambangan galian c.

Disisi lain, UU No 4 Tahun 2009 ini juga mengamanahkan kepada pemerintah daerah untuk membuat perda yaitu: 1.pasal 26 ketentuan lebih lanjut mengenai kiteria dan mekanisme penetapan wilayah pertambangan rakyat (WPR), diatur dengan peraturan daerah kabupaten/kota. 2. Pasal 72: ketentuan dilanjut mengenai tata acara pemberian izin pertambangan rakyat (IPR) diatur dengan peraturan daerah kabupaten/kota. 3. 143 Bupati/Walikota melakukan penbinaan dan pengawasan terhadap usaha pertambangan rakyat.dan ketentuan lebih lanjut memenui pembinaan dan pengawasan pertambangan rakyat diatur dengan petaturan daerah kabupaten/kota.

Waktu tim investigasi Suara Media Nasional mengkroscek laporan dari masyarakat untuk melihat langsung ke lokasi galian c yang dikamuflase oleh kandang ayam dan bebek sehingga tidak dapat terlihat dari luar kalau disitu ada kegiatan penambangan. Untuk itu kami memohon kepada pihak terkait polres kab. Jombang, Satpol PP serta perwakilan daerah dan segera menindak lanjuti galian c melakukan operasional yang berdampak buruk pada lingkungan dan masyarakat.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait