Thursday, 29 October 2020

3 Tahun Usulkan LPJU Tak Direspon

post-top-smn
Kepala Desa Segobang saat Menunjukkan Potensi Agro di Kantor Balai Desa.

Kepala Desa Segobang saat Menunjukkan Potensi Agro di Kantor Balai Desa.

Banyuwangi, SMN – Selama kuranglebih lebih 3 tahun ini Desa Segobang, Kecamatan Licin mengusulkan untuk pembangunan fisik berupa Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang ditempatkan disejumlah titik rawan tepatnya berada disepanjang jalan poros Desa Segobang dari Dusun Karangsari sampai Banyucindih sebanyak 50 titik belum mendapatkan respon Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Padahal, keberadaan jalan tersebut merupakan akses Agro Wisata yang berorientasi pada perekonomian masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa (Kades) Segobang, Samsul Kholik S.Ag ketika ditemui SMN berada diruang kerjanya mengatakan, pengajuan LPJU diakuinya sudah berkali – kali diajukan ke Bupati tembusan Dinas Kebersihan dan Pertamanan sejak 3 tahun yang lalu. Akan tetapi, hingga kini masih belum mendapatkan respon positif. Begitupula, dari perhatian Kecamatan Licin.

Menurutnya, wilayah Desa Segobang selain berada didaratan yang tinggi mengenai keberadaan akses jalannya sangat curam sehingga sangat membutuhkan penerangan jalan agar bisa dimanfaatkan khususnya warga setempat dan warga dari desa lainnya yang memanfaatkan keberadaan jalan itu.

“Setiap tahunnya Pendapatan Asli Desa (PAD) di Desa Segobang bisa dikatakan terus mengalami peningkatan signifikan, begitu juga potensi agro yang ada di desa. Segobang secara tidak langsung hingga saat ini sudah menjadi pusat sentralisasi penghasil buah – buahan jenis durian, manggis hingga dikirim ke luar daerah dengan volume yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Realisasi LPJU menjadi prioritas utama sebagai pendukung peningkatan ekonomi yang ada di masyarakat,” Terangnya.

Selain itu, jika dilihat dari jumlah kepadatan penduduk Desa Segobang ada sebanyak 6.508 jiwa dengan topografi daerah berbukit seluas 720 ha. Dan, merupakan jumlah terbesar kedua di Kecamatan Licin. Terbagi di beberapa Dusun diantaranya, Dusun Krajan Barat dan Timur, Karangsari dan Dusun Banyucindih.

“Kami berharap LPJU bisa terealisasi pada tahun ini, karena selama beretrahun – tahun kondisi sepanjang jalan poros desa belum ada sama sekali penerangan jalan,”Ujarnya.(dhi)

post-top-smn

Baca berita terkait