Wednesday, 16 October 2019

Tiga Plt Pimpinan KPK Resmi Dilantik

post-top-smn

plt KPK

Jakarta, SMN Presiden Joko Widodo, Jumat (20/2/2015), resmi melantik dan melaksanakan pengambilan sumpah kepada tiga Pejabat pelaksana (Plt) pimpinan KPK, yakni Johan Budi Sapto Prabowo, Taufiequrachman Ruki dan Indriyanto Seno Aji.

Pelantikan yang dilaksakanan di Istana Negara dihadiri oleh sejumlah pejabat Negara, di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Ketua DPD, Jaksa Agung, Ketua DPR dan Wakil ketua MA. Selain itu perwakilan TNI dan Wakapolri Badrodin Haiti juga ikut menghadiri pelantikan ini.

Pada pukul 08.00 WIB pagi, Presiden Joko Widodo melantik Ruki, Johan Budi dan Indriyanto Seno Adji sebagai pimpinan KPK sementara. Ruki menggantikan Abraham Samad, Johan untuk posisi yang ditinggalkan Bambang Widjojanto dan Indriyanto mengisi kursi Busyro Muqoddas.

Seperti diketahui Samad dan Bambang ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian. Sementara Busyro habis masa tugasnya. Ruki menjabat Ketua KPK pertama oada 2003. Lelaki kelahiran Rangkasbitung ini adalah pensiunan Polri yang juga pernah menjadi anggota DPR.
KRI.

Sementara, Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki mengaku siap menjalankan tugasnya. Ruki, yang juga pernah menjabat Ketua KPK, menyampaikan pesan kepada para koruptor atau siapapun yang berniat korup agar jangan pernah main-main dengan KPK. Karena dirinya sudah kembali jadi bagian dari KPK. “Pesan saya, Taufiq is come back,” katanya seusai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (20/2/2015).

Purnawirawan polisi berpangkat Irjen ini berjanji melanjutkan kasus suap yang menyeret Komjen Budi Gunawan. Sementara yang menjadi prioritasnya dalam jangka pendek adalah memperbaiki hubungan KPK dan Polri. “Kasus yang menggantung kita akan selesaikan semuanya. Kalau mau datang ke Mabes Polti tinggal telepon, kapan saja,” ungkapnya

Ruki mengaku tidak diberi tugas khusus oleh Presiden Joko Widodo. Dirinya hanya akan fokus menjalankan fungsinya selama 10 bulan ke depan. “Tugas saya cuma satu, pimpin KPK selama 10 bulan ini sampai ada pergantian pimpinan KPK,” pungkasnya. (mat)

post-top-smn

Baca berita terkait