Wednesday, 18 September 2019

Sosialisasi Netralitas Dalam Pemilu 2019

post-top-smn

Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho sebagai narasumber sosialisasi netralitas menjelang Pemilu 2019.

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Sosialisasi pengawasan partisipatif digelar Bawaslu di Sun City Hotel, Kamis (22/11) dan menghadirkan
Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho, sebagai narasumber.
Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo Haidar Munjid, menyatakan, netralitas ASN akan ikut menentukan suksesnya Pemilu 2019. “Netralitas ASN, TNI, Polri dan Kades diperlukan dalam menjaga agar Pemilu sukses,” ujar Haidar.
Acara ini selain dihadiri Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho dan Ketua Bawaslu Haidar Munjid, juga KPU Kabupaten Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Pemkab Sidoarjo, Kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo, Danramil jajaran Kodim 0816 Sidoarjo, serta seluruh kepala desa se-Kabupaten Sidoarjo.
Ketua Bawaslu Haidar Munjid menyatakan netralitas ASN, TNI, Polri dan Kades sangat diperlukan dalam Pemilu. Hal itu juga turut menentukan suksesnya Pemilu 2019 mendatang. “Kami dari Bawaslu mengajak serta menghimbau semua ASN, TNI, Polri dan para Kades di wilayah ini untuk menjaga netralitas demi suksesnya Pemilu 2019,” ucapnya.
Sementara itu, dalam paparannya, AKBP Zain Dwi Nugroho, menyampaikan, aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri dan Kades di Pemilu 2019 harus netral. “Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 7 Tahun 2017,” katanya.
Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho,  menyampaikan siap untuk turut mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman dan damai.
Di internal kepolisian, dalam hal ini wilayah Kabupaten Sidoarjo, mantan Kapolres Magelang tersebut menjamin netralitas di institusi yang dipimpinnya.
“Netralitas Polri dalam kehidupan politik, sebagaimana tertuang pada dasar hukum Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 28, UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 200, serta PKPU nomor 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih dalam negeri pada Pemilu. Di dalam dasar-dasar hukum tersebutlah yang menjadi komitmen kami untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2019,”ujar Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho.(try)

post-top-smn

Baca berita terkait