Sunday, 20 October 2019

Sertijab SKPD singkat dan Hikmat

post-top-smn

Malang, SMN – Meski prosesi serah terima jabatan kepala SKPD dan camat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Anusapati hari Rabu berjalan cukup singkat, namun tak mengurangi khidmatnya acara. Kegiatan itu sendiri dipimpin langsung oleh Plh. Sekretaris Daerah, Nurman Ramdhansyah, SH, M. Hum.

Dalam sambutannya Plh, selain mengucapkan selamat bertugas kepada para pejabat yang telah dilantik dan menduduki jabatan baru agar semakin meningkatkan kinerjanya.

“Kepada Ir Bahrudin yang menggantikan Ir Nasri menduduki jabatan asisten pemerintahan, selamat bergabung. Di assisten kami punya semboyan four in one,” ucapnya.

Dirinya juga menitipkan pesan yang sama kepada sejumlah pejabat lain, seperti Ir. Henri M B Tanjung, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Tata Usaha menggantikan Dra. Aniswati Azis. “Karena Bagian TU memerlukan spesifikasi dan karakteristik khusus, dan juga harus standby selama 24 jam seperti halnya asisten,” imbuhnya.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Plh Sekda menegaskan bahwa mutasi pejabat, baik secara vertikal maupun horisontal, mengacu pada evaluasi kinerja didasarkan pada kebutuhan organisasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi agar kinerja Pemerintah Kabupaten Malang menjadi lebih baik lagi.

“Mutasi tersebut, tidak semata-mata didasarkan pada kewenangan, namun juga memperhatikan norma-norma kepegawaian yang berlaku, kinerja, kompetensi, integritas, dan berbagai aspek manajemen sumber daya manusia, serta dilakukan dengan cermat dan matang, Berhasil atau tidaknya pembangunan Kabupaten Malang secara keseluruhan sangat tergantung pada kinerja masing-masing komponen atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang,” terangnya.

Demikian pula halnya keberhasilan dalam SKPD akan ditentukan oleh para pejabatnya. “Oleh karena itu, saya minta adanya kerjasama yang solid, sinergis dan rasa tanggung jawab moral yang tinggi atas kepercayaan jabatan yang diberikan oleh pimpinan. Insya Allah dengan upaya yang sungguh-sungguh, ikhlas dan bersabar atas segala kendala yang ada dan selalu bersyukur, maka kinerja yang baik dapat dicapai,” pesannya.

Plh Sekda Kabupaten Malang, juga menegaskan bahwa jabatan harus dimaknai sebagai sebuah amanah yang akan dipertanggungjawabkan, tidak saja di hadapan sistem kenegaraan yang berlaku, tetapi juga akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

“Oleh karena itu, saya berharap saudara-saudara dapat menjalankan amanah ini dengan baik sesuai dengan ketentuan normatif perundang-undangan maupun norma-norma agama,” harapnya.

Ditemui sesaat sebelum sertijab berlangsung, Kepala Bagian Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang, Drs. Suwandi, MM., M.Sc mengatakan, Sertijab untuk kepala SKPD dan camat dilaksanakan serentak.

“Ini merupakan suatu ketentuan normatif kepegawaian yang harus dilaksanakan terhadap pejabat struktural yang menduduki jabatan baru, baik karena mutasi horisontal yakni pergeseran dari suatu jabatan ke jabatan lain yang setingkat, maupun karena mutasi vertikal yakni pergeseran dari suatu jabatan ke jabatan lain yang lebih tinggi atau promosi. Usai sertijab ini, secara otomatis sudah resmi bertugas di tempat yang baru,” terang Suwandi.

Dalam sertijab tersebut juga dilakukan penandatanganan serah terima jabatan dan serah terima memori jabatan pejabat eselon II oleh Kadis Pengairan lama, Ir. Agus Priyanto kepada Kepala Dinas yang baru Ir. Wahyu Hidayat, MM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dari Ir. Wahyu Hidayat kepada Ir. M. Nasri Abdul Wahid, M. Eng Sc, Asisten Pemerintahan kepada Ir. M. Nasri Abdul Wahid, M. Eng Sc kepada Ir. Bachrudin, M. Si MT, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dari Ir. Bachrudin, M. Si, MT kepada Ir. Agus Priyanto.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan sertijab dan memori jabatan untuk eselon III dan serah terima jabatan dan memori jabatan untuk jabatan camat. (opt/jun)

post-top-smn

Baca berita terkait