Wednesday, 16 October 2019

Program TMMD Berikan Pemeriksan Gratis Pada Hewan

post-top-smn
Program TMMD Berikan Pemeriksan Gratis Pada Hewan

Jombang, suaramedianasional.co.id – Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bekerja sama dengan Kodim 0814 Jombang Dalam rangka program TMMD ke 106, mengadakan penyuluhan dan mengontrol dan memeriksa kebuntingan sapi milik warga di Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam, secara gratis untuk memastikan produksi ternak di wilayah ini tetap stabil, rabu 9 oktober 2019.
Peternak mendapatkan pelayanan pemeriksaan kebuntingan dan penanggulangan kemajiran atau gangguan proses reproduksi khusus ternak sapi perahnya oleh petugas peternakan, kata Kepala Seksi kesehatan hewan Kabupaten Jombang, Drh. Azis Dariyanto.
Drh. Azis mengatakan ternak sapi yang telah tiga kali IB dan belum berhasil bunting, maka akan dilakukan pemeriksaan Asisten Teknik Reproduksi (ATR) oleh petugas secara periodik. Hal tersebut, lanjut dia, dilakukan untuk menanggulangi kemajiran, sehingga apabila di dalam organ reproduksi terjadi gangguan bisa segera diketahui dan ditangani.
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para peternak agar lebih memperhatikan sapi miliknya untuk memastikan bahwa hewan ternak tersebut siap untuk diberi IB dengan didukung obat-obat lain yang mampu merangsang reproduksi.
Petugas juga memberikan suntikan B complex untuk menjaga stamina hewan sapi tanpa kecuali baik yang bunting maupun yang tidak bunting. Sapi yang sudah tiga kali dilakukan IB, tetapi belum berhasil. Sapi itu, dalam kondisi yang kurang baik, sehingga harus diberikan hormon untuk merangsang supaya birahi kembali.
” Kami berharap pelayanan pemeriksan gratis dalam program TMMD untuk ternak sapi ini, dapat meningkatkan kesejahteraan peternak dalam berbudidaya sapi,” katanya.

post-top-smn

Baca berita terkait