Sunday, 22 September 2019

Program Seribu Wirausaha Untuk Menjaring wirausaha baru di Sidoarjo

post-top-smn

Wirausaha baru pamerkan produknya

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serius menggarap UMKM masyarakat Sidoarjo. Kepedulian dan konsistensi terhadap kemajuan industri kreatif tersebut dibuktikan dengan berbagai program kegiatan bagi pelaku UMKM Sidoarjo. Salah satunya program seribu wirausaha baru. Program tersebut untuk menjaring wirausaha baru di Sidoarjo.  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum menjelaskan, pembinaan dan pemberdayaan pelaku UMKM terus dilakukan Pemkab Sidoarjo. Pembinaan, bantuan permodalan dan pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKN dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo. Seperti pada program 1000 wirausaha baru.
Bupati berharap program 1000 wirausaha baru mampu menaikkan level pelaku usaha. Dari pelaku usaha mikro menjadi kecil dan meningkat menjadi pelaku usaha menengah.
“Diharapkan wirausaha baru sudah mampu naik kelasnya, sudah mampu menjadi pengusaha mikro menjadi pelaku usaha kecil, yang kecil menjadi pelaku usaha menengah,”harapnya. Oleh karenanya dirinya mewajibkan satu Organisasi Perangkat Daerah/OPD Sidoarjo memiliki satu inovasi baru.
“Tiap-tiap OPD harus mempunyai kreasi, harus mempunyai inovasi baru,”pintanya.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Ainur Rahman mengatakan, kegiatan kali ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi program 1000 wirausaha baru yang belum lama diselenggarakan instansinya.
Dengan begitu akan meningkatkan peluang pekerjaan bagi masyarakat Sidoarjo. “Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Sidoarjo dalam skala regional dan nasional,”ucapnya. Produk dari para calon wirausaha baru di pamerkan mulai tanggal 24 mei-26 mei 2019, di halaman Lippo Plaza Sidoarjo, sekaligus di promosikan pada kegiatan kali ini. Ada 30 stan yang disediakan.
Narasumber pelaku industri kreatif dari Jogya Satria Gama Rakatanseta dihadirkan untuk membagi pengalamannya. Ada 300 peserta calon wirausaha baru yang hadir dalam kesempatan tersebut.
Satria Gama Rakatanseta melihat sendiri potensi kreatifitas masyarakat Sidoarjo sangat beragam. “Semangat untuk berkarya sangat tinggi meski bencana lumpur Lapindo saat itu menerjang,”ucapnya. Pria yang dipanggil Seta tersebut mengatakan memajukan industri kreatif tidak dapat dilakukan sendiri oleh pelaku industri kreatif. Dibutuhkan sinergi dengan pemerintah. Menurutnya kreatifitas sendiri harus juga ada pada pemerintah. Dengan begitu kemajuan industri kreatif akan dapat terwujud.(try) 
post-top-smn

Baca berita terkait