Saturday, 21 September 2019

Perlunya Gedung Budaya Untuk Kembangkan Kesenian Sidoarjo

post-top-smn

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin membuka rapat kerja Dekesda 2019

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Dewan Kesenian Sidoarjo,(dekesda) menggelar rapat kerja, Jumat (23/08) di Hotel  Edotel Buduran. Dalam rapat kerja dekesda yang di selenggarakan pada tanggal 23-24 Agustus 2019, ingin menyamakan visi misi Dekesda ke depan diharapkan menjadi lembaga kesenian yang bisa mewadai para seniman dan budayawan se-Kabupaten Sidoarjo.
Pelestarian seni dan budaya tidak lepas dari adanya sarana dan prasarana yang memadai, diantaranya adalah sarana Gedung Budaya yang nantinya akan menjadi pusat tempat berkumpulnya  para seniman dan budayawan dalam berkreasi dan memamerkan hasil karyanya.Selain itu, adanya Gedung Budaya  juga menjadi pusat pelestarian seni tradisional lokal kabupaten Sidoarjo.
Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa di era sekarang ini, kearifan budaya lokal sudah mulai punah. Banyak faktor yang menjadikan kesenian dan budaya lokal tidak lagi diminati masyarakat. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama baik pemerintah maupun pengurus Dewan Kesenian Sidoarjo(Dekesda) , dibutuhkan sinergitas dari berbagai pihak”,katanya. Ia juga
minta agar Dewan Kesenian Sidoarjo(dekesda)  membuat terobosan dalam membuat program-program kerja di tahun 2020 nanti. Bisa menjawab tantangan, diantaranya bagaimana membuat program yang bisa membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjaga warisan budaya dan lebih mencintai lagi seni.Hal yang sama disampaikan Ketua DPRD Sidoarjo Sementara, H.Usman mendorong Dekesda agar lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengangkat kegiatan seni dan budaya lokal. Legislatif mendukung apa yang selama ini dikerjakan oleh Dekesda, dukungan DPRD bisa dilihat dari persetujuan dana kegiatan yang diajukan oleh Dekesda untuk kegiatan tahun 2020. Gedung yang nantinya bisa menjadi ikon budaya di kota udang tersebut bisa dimasukkan dalam RPJMD oleh bupati terpilih nanti, ujarnya.
Sementara itu Ali Aspandi selaku Ketua Dekesda mengajak dan menggandeng seniman-seniman yang selama ini berada di luar pagar untuk memberkuat dalam kepengurusannya.Ia meminta dukungan dari semua elemen untuk bersama-sama memajukan seni Budaya di Kabupaten Sidoarjo,”tuturnya.Selain Wakil Bupati dan Ketua DPRD sementara yang hadir,  juga di hadiri puluhan seniman dan budayawan Kabupaten Sidoarjo. (try)
post-top-smn

Baca berita terkait