Tuesday, 12 November 2019

Peringati Hari Pahlawan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Gelar Lomba Bercerita SD

post-top-smn
Salah satu siswa SD sedang bercerita legenda daerah dalam lomba yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id- Memperingati hari pahlawan, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip mengadakan lomba bercerita siswa tingkat SD/MI pada Rabu (6/11/2019). Acara yang digelar Gedung Serbaguna Jalan Shodancho Supriyadi no 17 Kota Blitar itu berlangsung meriah diikuti 22 sekolah yang mewakili tiap kecamatan di Kabupaten Blitar.

Para siswa peserta begitu antusias mengikuti lomba bercerita ini. Tak hanya modal bercerita saja hampir semua peserta mempersiapkan properti pendukung sesuai tema cerita mereka. Bahkan guru mereka juga hadir memberi semangat bagi siswanya berlomba. Selanjutnya mereka akan tampil di panggung 12 menit untuk dinilai dewan juri.

“Kegiatan ini bertujuan agar anak didik kita mempunyai rasa cinta terhadap budaya, berkembang pengetahuannya dan terpupuk rasa cinta  untuk bangsa dan negaranya sehingga terbinalah rasa persatuan dengan keanekaragaman yang ada,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar Herman Widodo saat membuka acara.

Lebih Lanjut Herman menjelaskan kalau kegiatan ini secara tidak langsung akan menumbuhkan pengetahuan dan daya kekreatifan pada anak. Mana pengetahuan ini didapat dari cara membaca buku yang ada diperpustakaan.

Dengan demikian diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan seperti tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Guna menuju Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing.

“Di lomba ini jangan fokus menang dan hadiahnya tapi prosesnya dalam melatih anak didik kita menjadi pribadi-pribadi yang kreatif, cerdas, dan mempunyai kepercayaan yang tinggi menghadapi tantangan globalisasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam lomba ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyiapkan hadiah tropy, piagam dan uang pembinaan bagi para juara. Bagi juara 1 mendapat uang pembinaan Rp 2 juta, juara 2 mendapat Rp 1,5 juta, dan juara 3 mendapat 1,25 juta. Dan juara harapan satu hingga tiga masing-masing mendapat Rp 1 juta, Rp 750 ribu, dan Rp 500 ribu. (kmf/jon)

post-top-smn

Baca berita terkait