Thursday, 14 November 2019

PERESMIAN LEMBAH MBENCIRANG WISATA EDUKASI TERPADU DI KABUPATEN MOJOKERTO

post-top-smn
Peresmian wisata LEMBAH MBENCIRANG edukasi terpadu di Desa Kebontunggul kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh Ardi BAPEMAS, Amat Susilo Camat Gondang, Danramil serta banyak lagi undangan lainnya

Peresmian wisata LEMBAH MBENCIRANG edukasi terpadu di Desa Kebontunggul kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh Ardi BAPEMAS, Amat Susilo Camat Gondang, Danramil serta banyak lagi undangan lainnya

Mojokerto, SMN – Demi mewujudkan desa mandiri kades Siandi melakukan gebrakan/langkah awal menuju kesuksesan membangun desa yang maju perekonomiannya hingga terwujudnya masyarakat makmur sejahtera juga untuk mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat Desa dibidang ekonomi, sosial dan kebudayaan. Dengan  konsep tersebut dikenal dengan istilah ” lambung Ekonomi Desa, Lingkar Budaya Desa, dan Jaringan Wira Desa ” pada pelaksanaan Dana Desa tahun 2017 dengan ketentuan yang dianjurkan pemerintah.
Pada hari minggu tanggal (27/08/2017)  telah diresmikan wisata LEMBAH MBENCIRANG edukasi terpadu di Desa Kebontunggul kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto yang dihadiri oleh Ardi BAPEMAS, Amat Susilo Camat Gondang, Danramil serta banyak lagi undangan lainnya. Dengan semangat kades Siandi beserta perangkat Desa dalam mewujudkan kemandirian melalui pembangunan badan usaha desa ( BUMDES) yang telah berdiri sejak sebelum UUDESA terlahir. Ditahun 2017 ini, Pemdes Kebontunggul dengan dibantu oleh Tim Insan Kamil Institue, perguruan Tinggi dan Pendamping Desa merealisasikan impian untuk melahirkan unit usaha bumdes dibidang pariwisata.
Pariwisata Lembah mbencirang lebih kurang akan terdapat fitur wisata yang menyenangkan terdiri dari :
1.Wahana permainan anak dan dewasa, disini pengunjung akan dimanjakan dengan aneka permainan tradisional untuk anak dan dewasa.
2. Spot selfie, banyak titik unik dan menarik yang menjadi daya pikat untuk unjuk selfie yang instagramable.
3. Arena Outbond, ragam fasilitas Outbond seperti flying fok, sepeda gantung dsb ada disini.
4.Wahana Edukasi pertanian, di wahana ini pengunjung akan berbagi pengalaman dalam mengenal dunia pertanian.
5. Kuliner Tradisional, masakan perdesaan selalu diminati dan membuat rindu siapa saja maka disini pengunjung akan dimanjakan dengan menu kuliner yang tradisional dan ala perdesaan.
6.Kolam renang selfie  kolam renang ini sedang digandrungi khususnya para pemuda. Tak hanya berenang, namun bisa mengapresiasikan gaya di dalam kolam renang. Dan, kolam ini sedang proses pembangunan.
7.Homestay dan Life-In, merupakan paket menginap dan menikmati kehidupan masyarakat pedesaan. konsep ini menarik sekali untuk warga perkotaan. Dan tentu banyak lagi.
Dalam sambutan  kades mengatakan” dipagi ini kita bisa berkumpul di sini dilembah mbencirang bersama menjadi saksi terwujudnya obyek terwujudnya obyek berbasis alam yang kelak akan memberikam manfaat untuk kita semua.  Bapak ibu yang kami hormati anak anak kami yang berbahagia,  sebelumnya saya selaku kepala desa kebon tunggul  beserta perangkat desa mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran bapak ibu dalam acara grand launching onek usaha bumdes gajahmada. wisata edukasi lembah mbencirang yang dimulai jalan sehat dari balaidesa kebon tunggul menuju kesini, khususnya bapak ibu dari kabupaten mojokerto maupun kecamatan gondang yang sudi kiranya meluangkan waktu. pafa hari minggu wage tanggal 27 agustus 2017 kami memberanikan diri untuk melaunching wisata baru di mojokerto, dengan basis alam pedesaan dan kauripan lokal yang murni sumber dana pengelolaannya dari desa meskipun masih terdapat banyak kekurangan. untuk itu layak menjadi destinasi pariwisata kami akan selalu berbenah untuk berusaha yang lebih baik”.
Camat AMAD SUSILO menyampaikan “Kita bisa berkumpul di Lembah Mbencirang dalam rangka Grand Opening dan jalan sehat juga memperingati HUT RI KE 72. Ibu hadirin semua kami juga bahagia beserta masyarakat atas nama pemerintah kecamatan Gondang kepada bapak kepala desa kebontunggul yang bisa mewujudkan permainan  atau wisata, yakni sebagai inovasi dari pemerintah desa, kita apresiasi dan memberikan penghargaan setinggi tingginya sehingga lokasi ini, tempat wisata ini bisa terwujud kita manfaatkan bersama, kita juga nanti jadi aikon kebontunggul yang lain. Disamping desa secara pernah mendapatkan juara secara nasional,  toga ini juga nanti Jadi aikon di Lembah Mbencirang. Saya apresiasi dan penghargaan yang setingginya”.
Ardi BAPEMAS menuturkan ” di pagi hari ini kita dapat berkumpul ditempat yang sangat asri ini dalam rangka melaksanakan kegiatan Grand Opening Lembah Mbencirang sebagai salah satu desa wisata unggulan yang nantinya harapannya menjadi di Kabupaten mojokerto. Perlu diketahui bahwa UU desa itu arahnya adalah,  ingin mewujudkan desa itu desa mandiri,dimana segala pembiayaan, pengeluaran pemerintah desa itu sanggup dibiayai sendiri. Agar bisa begitu maka, desa itu harus punya sumber pendapatan yang cukup. Makanya kalau kita lihat dana desa itu diprioritaskan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Maka itu adalah sebagai pancingan bagi desa. Agar desa bisa membuat sebuah badan usaha yang mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan desa, ini sudah direspon kepala desa kebontunggul. Sebuah langkah yang cerdas sehingga kedepannya bisa dikenal masyarakat lokasi sudah baik, pengunjungnya sudah banyak, saya yakin akan bisa seperti didesa Ponggok yang ada di jawa tengah yang 1 tahun bisa merauk 15 miliar, mudah mudahan nanti ini terjadi di Lembah mbencirang. Oleh karena itu saya apresiasi seperti pak camat tadi. Harapan saya langkah langkah inovasi seperti ini bisa menular kedesa desa yang lain. Karena didaerah Gondang, Pacet, Trawas, Trowulan ini merupakan desa desa potensi wisatanya luar biasa.  Kalau di Trowulan terkait dengan budayanya,Gondang, Pacet, Trawas ini, karena letak geografi wisata alamnnya yang mendukung. Harapan nanti itu sudah dilakukan pendapatan desa akan meningkat otomatis pembangunan dan kesejahteraan bisa meningkat pula. Maka dengan mengucap BISMILLAH HIROHMANIRROHIM DESA WISATA EDUKASI LEMBAH MBENCIRANG DESA KEBONTUNGGUL KEC. GONDANG KAB. MOJOKERTO  saya nyatakan secara resmi DIBUKA. ” ( FUL )
post-top-smn

Baca berita terkait