Wednesday, 16 October 2019

Pemkot Probolinggo Tandatangani Kerjasama Dengan Kejaksaan

post-top-smn

Walikota HJ.Rukmini.Sh.Msi didampingi Asisten dan Kajari Menandatangani MoU kesepakatan Kerjasama pendapingan Hukum di Ruang Sabha Bhina Praja Kantor pemerintah kota probolinggo.

Probolinggo, SMN  Pemerintah Kota Probolinggo menjajaki kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo. Kesepakatan itu tertuang dalam Nota Kesepakatan Bersama Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo. Pihak Pemerintah Kota Probolinggo diwakili oleh Wali Kota Probolinggo, Rukmini. Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo diwakili oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, Martiul.

Kerjasama tersebut disepakati pada hari ini (6/8), di ruang Sabha Bina Praja. Seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kota Probolinggo hadir dalam kesepakatan itu. Jajaran  Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo juga tampak hadir.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Probolinggo, Titik Widayawati menjelaskan dalam laporannya maksud  dan tujuan dari kerjasama itu adalah untuk merampungkan masalah-masalah perdata dan tata usaha negara di Pemerintah Kota Probolinggo. “Maksud dan tujuan diadakannya kesepakatan bersama ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dalam hukum perdata dan tata usaha Negara, baik di dalam maupun di luar pengadilan,”

Kajari  kota Martiul dalam  paparannya  menegaskan berdasarkan Undang-Undang, kejaksaan dapat bertindak untuk dan atas nama pemerintah. “Berdasarkan pasal 30 ayat (2) Undang-Undang No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, di bidang perdata dan tata usaha Negara, kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama Negara dan pemerintah,”

Lebih  lanjut  Matiul  menjelaskan Lingkup bidang perdata dan tata usaha negara dimaksud adalah meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum, penegakan hukum dan tindakan hukum lain untuk menyelamatkan dan memulihkan kekayaan negara, menegakkan kewibawaan negara serta memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

Wali Kota HJ.Rukmini.Sh.Msi,dalam sambutannya  mengatakan  sangat mengapresiasi kesediaan Kejaksaan untuk bekerjasama dengan Pemkot Probolinggo. Terima kasih atas kerja sama ini, tentu akan semakin mempererat tali silaturahim antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo. Melihat kondisi akhir-akhir ini di mana Pemerintah Kota Probolinggo banyak bersinggungan dengan permasalahan hukum, khususnya mengenai barang milik daerah. Momentum kerja sama ini  dapat membantu Pemerintah Kota Probolinggo. Seperti sampai saat ini yang juga belum selesai, Probolinggo Plaza.

Walikota  HJ.Rukmini.Sh.Msi  berharap “ Saya minta Bagian Hukum untuk bisa terus berkoordinasi dengan Kajari,” (edy)

post-top-smn

Baca berita terkait