Friday, 20 September 2019

Pemkab Probolinggo Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019

post-top-smn

Wakil Bupati Timbul Prihanjoko dalam kegiatan Apel peringati HPSN Tahun 2019.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kamis (21/2/2019) pagi menggelar apel bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan. Kegiatan ini mengambil tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.
Peringatan HPSN Tahun 2019 ini diikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo, Komunitas Lingkungan, Sekolah Adiwiyata Nasional dan keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo.
Apel bersama yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini dihadiri oleh Community & Human Resources Manager PT POMI Paiton Bambang Jiwantoro, para asisten dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.
Dalam peringatan HPSN ini Wabup Timbul Prihanjoko didampingi Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo menyerahkan sertifikat penghargaan Program Kampung Iklim Madya tingkat nasional kepada Kepala Desa Krejengan Kecamatan Krejengan Nurul Huda dan piagam penghargaan kepada Community & Human Resources Manager PT POMI Paiton Bambang Jiwantoro.
Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko dalam sambutannya mengajak untuk membangun kesadaran bersama bahwa hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah adalah gaya hidup baru masyarakat Kabupaten Probolinggo. Serta mendorong budaya bersih, sehat dan produktif sebagai modal sosial yang terus menerus perjuangkan dalam kehidupan masyarakat. “Sosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat perihal dinamika persampahan untuk mengatasi sampah mulai dari sumbernya. Disamping membangun sinergi upaya pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah,” katanya.
Wabup Timbul, juga mengatakan menjadi harapan bersama pada tahun ini kita dapat semakin kuat dalam upaya bersinergi dengan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat menuju kehidupan yang bernilai produktif dan berbudaya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam penanganan dan pengelolaan sampah di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.
Peringatan HPSN ini dimeriahkan dengan demonstrasi pembuatan ecoecobricks (membuat bahan plastik sebagai pengganti batu bata) dan menyusunnya menjadi sebuah miniatur bangunan. Bahkan dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul secara simbolis ikut menyusun bangunan tersebut.
Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan fashion show dengan menggunakan pakaian dari bahan daur ulang sampah. Fashion show ini diperagakan oleh siswa dan siswi dari sekolah Adiwiyata Nasional di Kabupaten Probolinggo.
Selain di Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan, apel bersama memperingati HPSN Tahun 2019 ini juga dilaksanakan secara serentak di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. (edy)

post-top-smn

Baca berita terkait