Monday, 9 December 2019

Pemkab Blitar Sukses Gelar Wayang Orang Sriwedari

post-top-smn
Bupati Blitar Rijanto saat membuka pagelaran wayang orang Sriwedari di Playground Kecamatan Kanigoro, Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Bupati Blitar Rijanto mengapresiasi atas terselenggaranya Pergelaran Wayang Orang Sriwedari. Event tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Blitar dengan Dinas Kebudayaan Kota Surakarta.

“Terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kota Surakarta serta rombongan dari Sriwedari yang datang ke Blitar untuk menghibur masyarakat Kabupaten Blitar. Ini merupakan tindak lanjut hubungan yang selama ini kita bangun,” kata Bupati Rijanto saat memberi sambutan pada acara pergelaran wayang orang yang digelar di Playground Sebelah Timur Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Rabu (27/11/2019) kemarin malam.

Lanjut Bupati Blitar mengungkapkan, Blitar dengan Solo hubungan terjalin dengan baik, seperti kerjasama dibidang pengembangan budaya dan seni, juga kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, terutama masalah seni dan batik.

“Juga saya ucapkan terima kasih kepada Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang selalu memberi dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang terus menggelorakan seni dan budaya,” terang Rijanto.

Bupati Blitar mengungkapkan, Blitar dikenal dengan ‘Bumi Laya Eka Tantra Adi Raja’ dan Blitar terkenal dengan banyak peninggalan purbakala dan candi-candi, Ini membuktikan bahwa pada jaman kerajaan, Blitar sering disinggahi para raja-raja, sekaligus Blitar banyak pahlawan-pahlawan nasional.

“Oleh karena itu, kita sebagai warga Blitar, potensi yang sangat luar biasa ini, marilah kita manfaatkan untuk memajukan Blitar agar Blitar semakin dikenal, Blitar semakin maju, Blitar semakin luar biasa,” seru Rijanto.

Bupati Blitar menambahkan, pergelaran wayang orang yang kita gelar ini merupakan salah satu upaya memajukan Blitar lewat seni dan tentunya masyarakat Blitar juga gemar dengan pergelaran tersebut.

“Mari kita lestarikan kebudayaan dan kesenian kita, baik wayang kulit maupun wayang orang di Bumi Bung Karno yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Pergelaran Wayang Orang Sriwedari dengan lakon ‘Banjaran Kresna’ yang berlangsung meriah tersebut dalam rangka Pesona Bumi Penataran dan Hari Korpri ke-48 tahun 2019. (kmf/jon)

post-top-smn

Baca berita terkait