Wednesday, 16 October 2019

Pembangunan TMMD Membantu Warga Lereng Anjasmoro

post-top-smn
Pembangunan TMMD Membantu Warga Lereng Anjasmoro

Jombang, suaramedianasional.co.id – Desa Galeng Dowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, selain menjadi salah penghasil durian, susu segar, cengkeh dan kopi, ternyata juga pohon sengon. Dapat dilihat di beberapa titik jalan yang akan menuju desa yang terletak 35 kilometer atau 60 menit dari pusat pemerintahan kabupaten.
Menuju jalan yang menjadi lokasi TMMD ke-106 Kodim 0814 Jombang, pemandangan serupa juga terlihat, kebun warga setempat maupun menyewa lahan untuk ditanami sengon. Dengan potensi wilayah pegunungan, iklim dan curah hujan 5,856 mm/tahun serta suhu rata-rata 24 derajat celcius maka sangat cocok jika penduduk menanam pohon tahunan ini sebagai tabungan.
Dijelaskan Babinsa Koramil 0814/17 Wonosalam Sertu Bambang, bahwa ada lahan yang ditanami sengon, baik itu tanah milik pribadi maupun tanah sewa dari Perum Perhutani. Harga kayu sengon bervariasi tergantung dengan kualitasnya, namun rata-rata sekitar 1 juta/meter kubiknya.
Salah satu warga yang mengandalkan penjualan kayu sebagai mata pencaharian, adalah Suyatno Dusun Galeng Dowo. Ia mengaku walaupun panen sengon dilakukan selama lima tahun, namun besaran keuntungan dari hasil penjualan batang dapat mencukupi kebutuhannya dan menutup hutang.
Diketahui guna membawa hasil panen kayu sebelumnya, petani harus memindahkan sebanyak dua kali dengan menggunakan motor modifikasi khusus, sehingga membuat ongkos produksi bertambah. Namun berkat jalan yang walaupun masih setengah jadi, Suyatno sudah dapat memanfaatkannya untuk mengangkut panen, kesejahteraan baru dari pembangunan TMMD. (Kodim Jombang)

post-top-smn

Baca berita terkait