Sunday, 20 October 2019

PELAYANAN PERSALINAN AMAN, GRATIS, SESUAI PERBUB NOMOR 50 TAHUN 2017

post-top-smn

LUMAJANG, SMN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, melakukan kegiatan pembahasan tentang Perubahan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 50 Tahun 2017, tentang Pelayanan Persalinan Aman.

Adapun beberapa topik pembahasan dalam pertemuan itu, diantaranya menyangkut beberapa hal, yang tertuang dalam Perbup, mengenai perubahan, diantaranya pada Pasal 5 ayat (3), yang sebelumnya berbunyi : “Kegiatan Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil itu meliputi : pengkajian resiko penyakit, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, pemberian imunisasi, suplementasi gizi, konsultasi kesehatan, tahun madu dan pelayanan lainnya”.

“Ada penambahan satu point dalam perubahan tetsebut, yaitu adanya kelas calon ibu hamil,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang.

Menurut dr.Bayu, Selain pada Pasal 5,  perubahan juga ada di antara Pasal 14 dan Pasal 15, disisipkan satu Pasal yakni Pasal 14A, yang berbunyi sebagai berikut :
(1) Kelas Calon Ibu Hamil sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (3), itu merupakan pemberian pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi, yang dilakukan melalui pembelajaran secara terstruktur dalam kelas selama 2 (dua) hari.
(2) Kelas Calon Ibu Hamil sebagaimana dimaksud diatas, sasarannya adalah Remaja, Calon Pengantin dan Pasangan Usia Subur yang merencanakan akan mempunyai anak lagi.
Yang ketiga adalah adanya penambahan point ayat Pasal 23, bahwa pembiayaan atas pelayanan persalinan aman dibebankan kepada APBD,  dan sumber lainnya yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu salah satunya adalah pemeriksaan laborat pada Program Asuhan Pra Konsepsi dan pemeriksaan laborat pada ibu hamil.

“Yang kedua yaitu terkait dengan penggratisan biaya untuk pemeriksaan yamg dimaksud pada point diatas, yang merupakan Program Pemerintah di Puskesmas dan jaringannya,” jelasnya.

Hal ini dilakukan agar  setiap orang mengetahuinya, dalam pertemuan ini, dihadiri oleh perwakilan dari rumah sakit, Puskesmas dan jaringannya, bidan praktek mandiri, klinik, dokter praktek mandiri. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait