Saturday, 21 September 2019

Panen Raya, Dirjen Sarpras Kementan Puji Kualitas Jagung dari Malang

post-top-smn

Dinas Pertanian, OPD Kabupaten Malang bersama Dirjen saat panen raya jagung.

 

Malang, suaramedianasional.co.id – Panen raya jagung yang dilakukan Senin (25/2) di dekat Pantai Ngudel, Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan, menjadi salah satu bukti bahwa jagung juga cocok ditanam di tanah yang berdekatan dengan pantai. “Ini kan ditanam di Pantai Ngudel, ternyata juga hasilnya bagus, jagungnya padat,” ungkap Mulyadi Hendiawan, Dirjen Sarpras Kementerian Pertanian.

Luas hamparan jagung yang dipanen mencapai ratusan hektar dan tanahnya dikenal berbukit, berbatu selain bahwa dekat dengan pantai. Menurut Muyadi Hendiawan, salah satu lumbung produksi jagung ada di Jawa Timur dan diharapkan Kabupaten Malang juga dapat menjadi salah satu penyokongnya. Target Indonesia sendiri, kata Muyadi Hendiawan, terus menambah ekspor jagung. “Saat ini, kita sudah mampu ekspor ke Filiphina dan Malaysia, salah satu tumpuan kita akan produksi jagung ya memang Jawa Timur,” katanya.

Cadangan jagung sampai dengan Maret nanti di Jatim sekitar 1,7 ton, dan tetap akan ada pemantauan dan pengawalan dari  pemerintah agar harga tidak jatuh. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Budiar, mengaku senang dengan antusiasme masyarakat Gedangan bertanam jagung. Jenis jagung yang ditanam merupakan jagung berbiji dua dari bibit bantuan pemerintah. “Jagung juga relative efektif ditanam di lahan keras, kita berharap agar lahan-lahan tidur bisa ditanami jagung,” ungkap Budiar. (yop)

post-top-smn

Baca berita terkait