Wednesday, 16 October 2019

Operasi Pasar Stabilkan Harga Beras

post-top-smn

KEDIRI - OPERASI PASAR 1

Kediri, SMN – Harga beras yang terus melonjak sejak beberapa pekan lalu mulai meresahkan warga Kediri. Hal ini segera diantisipasi Pemerintah Kabupaten Kediri, yakni dengan mengadakan Operasi Pasar (OP) ke sejumlah pasar besar yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Salah satunya adalah pasar Pamenang Pare.

Berdasarkan data hasil pantauan Dinas Koperindag, hingga hari Kamis (26/2), harga beras eceran sudah mencapai 10.000 rupiah per kg untuk beras jenis IR64. Sedangkan beras jenis mentik sudah mencapai 9.750 rupiah per kg. Kenaikan harga beras ini tak hanya di pasar Pamenang Pare saja, tetapi di pasar Gringging dan pasar lainnya juga mengalami kenaikan.

Zaenuri, selaku Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Kediri menjelaskan, operasi ini dilakukan karena harga beras naik terus. “Selanjutnya juga akan diadakan operasi pasar di setiap wilayah Kabupaten Kediri, dan juga di tempat-tempat yang sering didatangi warga untuk membeli beras. Operasi pasar ini diadakan untuk menstabilkan harga beras yang ada di pasar. Operasi ini akan terus digalakkan tanpa batas waktu hingga harga beras kembali stabil,” jelas Zaenuri.

KEDIRI - OPERASI PASAR 2

Dalam operasi pasar ini, Dinas Koperindag Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Bulog. Dengan armada yang memadai, dalam sehari lokasi operasi pasar bisa lebih dari 1 titik. Untuk operasi pasar, bulog menyiapkan beras dalam kemasan 5 kg dengan harga Rp.7,300  per kg.

Dalam kesempatan lain, Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno menghimbau kepada masyarakat supaya tidak panik dengan kenaikan harga beras ini. Karena Pemerintah Kabupaten Kediri telah mengantisipasinya bersama Bulog.

Selain itu dr. Hj. Haryanti Sutrisno juga memberikan solusi alternatif agar kembali menggalakkan diversifikasi pangan. Ketersedian bahan pangan yang beragam untuk menggantikan beras seperti kentang, jagung ketela, dan lain sebagainya, bisa untuk mencukupi konsumsi pangan terutama di saat sulit dan tidak bergantung pada beras. (adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait