Sunday, 22 September 2019

Manasik Haji Massal 2019 Dibuka Oleh Bupati Sidoarjo

post-top-smn

Dibukanya bimbingan manasik haji massal 2019 oleh Bupati Sidoarjo.

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id –Semakin dekatnya waktu pemberangkatan Calon Jamaah haji Kabupaten Sidoarjo, Kemenag kabupaten Sidoarjo gelar acara Bimbingan Manasik Haji Massal 2019 di ballroom gedung serbaguna jalan lingkar timur, Rabu (12/06) pagi. Sebelum pemberian bimbingan Manasik digelar, Panitia melaksanakan beberapa rangkaian acara pembukaan atau serimonial, sehingga acara manasik tersebut lebih khidmat. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sidoarjo, H.Saiful Ilah Ka.Kemenag Sidoarjo, H.Achmad Rofi’i, Kasi intel Kejaksaan Sidoarjo Idham kholid  para panitia juga pembina bimbingan manasik, dan seluruh Jamaah Calon Haji 2019. Kemudian dari hasil Laporan Kepala Kemenag  menuturkan tujuan pelaksanaan Manasik Massal ini untuk memberikan bimbingan dan pemahaman kepada calon jamaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar sesuai dengan tuntunan syariat Islam guna memperoleh haji yang mambrur. Disamping itu juga dengan diadakan kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan manasik kepada Jamaah Kabupaten Sidoarjo, agar mereka dapat mandiri dalam beribadah dan mematuhi segala aturan, baik yang berlaku ditanah air maupun ditanah suci mekkah dan madinah.
Adapun Jumlah dari Jamaah yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2019 dari Kabupaten Sidoarjo, berjumlah 2171 orang dan dibagi menjadi 10 kloter, “ucapnya.
Ia juga menuturkan dan menjelaskan bahwa Pelaksanaan Ibadah haji dalam Rukun Islam ialah urutan yang ke- 5, syahadat, sholat, Puasa, zakat dan Haji tetapi dengan cacatan bagi yang mampu. Mampu dalam arti fisik dan mental, mampu dalam arti pembiayaan dan lain sebagainya. Tak lupa ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Ka Kemenag Sidoarjo, kepada Pemerintah Daerah telah membantu melaksanakan manasik haji massal ini, baik secara moral dan materil sehingga pelaksanaan manasik ini berjalan dengan baik tutur beliau. Kemudian Bupati Sidoarjo, H.Saiful Ilah sebelum resmi membuka Manasik Haji Massal ini menuturkan, bahwa menunaikan ibadah haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah SWT. Salah satu tahapan dalam Ibadah Haji adalah dengan melaksanakan Manasik Haji, “yang Insya Allah sebentar lagi akan saya buka, manasik ini bertujuan memberikan bekal ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang pelaksanaan Ibadah Haji”tuturnya. Tanggal 21 Juni akan di berangkatkan kloter 1 sebanyak 38 Jama’ah Haji. (try)
post-top-smn

Baca berita terkait