Thursday, 14 November 2019

Lomba Cipta Menu Olahan Ikan Dalam Rangka Gemarikan 2016

post-top-smn
Ibu Rosyidah Masykuri mengapresiasi kreasi masakan para peserta

Ibu Rosyidah Masykuri mengapresiasi kreasi masakan para peserta

Kediri, SMN – Bertempat di Pasar Ikan Gampengrejo Kamis pagi (26/5), Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Lomba Cipta Menu Olahan Ikan dalam rangka Gerakan Memasyarkatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2016.

Kegiatan ini  bertujuan untuk mensosialisasikan Gemarikan serta bursa produk ikan segar dan olahan. Kegiatan Gemarikan 2016 yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan konsumsi ikan dan menyongsong Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri. Lomba Cipta Menu Olahan Ikan ini  diikuti 26 Peserta/grup se-Kabupaten Kediri. Masing-masing peserta berkreasi menunjukan bakat dalam membuat menu baru yang berbahan dasar ikan patin, lele dan gurami.

Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Umum Forikan Kabupaten Kediri Rosyida Masykuri dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Gemarikan ini diharapkan mampu meningkatkan kreasi ibu-ibu khususnya Tim Penggerak PKK kecamatan sampai tingkat desa untuk menyajikan masakan berbahan dasar ikan.

Menu olahan ikan dari para peserta sangat bervariasi dan kreatif

Menu olahan ikan dari para peserta sangat bervariasi dan kreatif

“Kegiatan Lomba Cipta Menu ini diharapkan mampu meningkatkan kreasi ibu-ibu dalam menyajikan masakan berbahan dasar ikan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga, saya juga berharap para juara Lomba Cipta Menu Olahan Ikan ini nantinya dapat menciptakan menu kreasi masakan ikan yang nantinya dapat menjadikan salah satu wisata kuliner bagi Kabupaten Kediri,” ucap Ketua TP PKK Kabupaten Kediri. Rosyida Masykuri berharap menu masakan ikan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga sehingga tujuan mencerdaskan generasi muda dapat terwujud.

 

Pemenang dari Lomba Cipta Menu Olahan Ikan adalah Juara I wakil dari Kecamatan Kras, Juara II wakil dari Kecamatan Plemahan, juara III wakil dari Kecamatan Badas, juara harapan I wakil dari Kecamatan Plosoklaten dan juara harapan II adalah wakil dari Kecamatan Ringinrejo. Pemenang berhak mendapatakan Thropy, uang pembinaan serta bingkisan dari sponsor.

Sementara itu juara I dari Lomba Cipta Menu Olahan Ikan ini nantinya akan mewakili Kabupaten Kediri dalam Lomba Cipta Menu Olahan Ikan ditingkat Provinsi Jawa Timur. Sementara itu TP PKK Kabupaten Kediri memberi kejutann kepada peserta dengan memilih tiga peserta terbaik yang menyajikan penampilan hiasan bunga dari bahan buah dan sayur. Tiga terbaik tersebut adalah Wakil Kecamatan Kras, Gurah dan Puncu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi ikan, diantaranya ikan kaya akan omega 3, 6 dan 9, protein yang tinggi, rendah lemak jenuh dan juga vitamin serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama buat anak-anak. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait