Sunday, 20 October 2019

Lima Kecamatan di Kabupaten Lamongan Mendapat Delegasi Capilduk Kabupaten Lamongan

post-top-smn

Lamongan, SMN – Kamis 16 agustus 2018. Ada lima Kecamatan di Kabupaten Lamongan yang mendapat tugas penanganan dukumen publik berupa KTP dan KK, antara lain 1. Kecamatan Paciran 2. Kecamatan Babat 3. Kecamatan Sukodadi 4. Kecamatan Ngimbang 5. Kecamatan Sukorame.

Langkah itu diambil oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil guna mengatasi membludaknya pelayanan masyarakat yang diperdakan Gratis oleh Bupati Fadeli, meskipun dapat dilayani di Kecamatan 5 dari 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lamongan untuk tanda tangan tetap Kepala Dinas Capilduk Bapak Drs. H. Sugeng MM., bukan tanda tangan Camat seperti KTP yang model lama dulu masih Camat yang diberi Kewenangan menandatangi dokumen penting tersebut.

Langkah ini ditempuh sejak Bapak Sugeng definitif dilantik. Banyak suara miring dimasyarakat bahwa pengurusan KTP dan KK Gratis namun masih saja muncul harga yang fantastis satu paket sampai Rp 800 ribuan hal ini timbul dari masyarakat sendiri yang tidak mau repot tersita waktunya hingga titip prangkat Desa atau calo dalam pengurusan dokumen penting tersebut ada kendala jarak jauhnya dari Desa Kecamatan sampai Kabupaten kota bolak balik karena kendala nama ganda dan diblokir hingga memakan transpor yang tidak sedikit dikeluarkan oleh joki tersebut, meskipun administrasi Desa Gratis sampai Rekomendasi Camat Gratis sampai di capilduk kabupaten juga gratis. Kembali pada masyarakat sendiri kalau mau jalan sendiri dan mau antri yang membludak seperti mau lihat sepak bola di stadion ya dipersilahkan berdesak-desakan sampai ada yang pinsan karena panasnya lokasi depan Kantor Capilduk Kabupaten, ada harapan dari masyarakat maupun Lsm dan Media agar kepengurusan E-ktp yang sudah berlaku seumur hidup dianggap selangkah lebih maju sama dengan Negara tetangga dan kepengurusan Kartu Keluarga agar bisa dikembalikan pada tiap kecamatan lagi agar masyarakat bisa menjangkau dan bisa menghindari timbulnya biaya pungli tersebut meskipun untuk tanda tangan tetap Kepala Dinas Capilduk Kabupaten agar peralatan tower jaringan internet di masing-masing Kecamatan di fungsikan lagi dan disiapkan petugas entri data sebanyak 27 orang ditiap Kecamatan pasti keluhan masyarakat sudah menurun pungkas Bapak Mario pada saat wawancara singkat dengan awak media SMN. (AQ)

post-top-smn

Baca berita terkait