Sunday, 20 October 2019

Launching Motor Perpustakaan Keliling

post-top-smn

Kediri Perpustakaan

Foto: Perpustakaan Keliling Kota Kediri

Kediri, SMN – Guna membangkitkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak Kota Kediri, Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Kediri bekerjasama dengan TP. PKK Kota Kediri meluncurkan motor perpustakaan keliling untuk anak. Launching dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Februari 2015 bertempat di TK. Pembina Kelurahan Semampir.

Acara dihadiri oleh Wakil Walikota Kediri Hj. Lilik Muhibbah, S.sos.I, M.Pd.I, Ketua TP. PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar, Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumen Yoyok Susetyo,SH dan seluruh Kepala SKPD di Kota Kediri. Acara diikuti oleh perwakilan siswa-siswi taman kanak-kanak (TK) yang ada di Kota Kediri.

Menurut Yoyok Susetyo tujuan dari launching motor perpustakaan keliling ini adalah untuk lebih menumbuhkan minat anak-anak TK dan ibu-ibu yang mengantar anak nya pergi ke sekolah. Selain itu juga sebagai sarana tumbuh cerita untuk anak dan ibu. Yoyok Susetyo juga mengatakan dengan mengajak ibu-ibu untuk gemar membaca akan lebih mengajak anak-anak untuk lebih gemar membaca.

Lanjut Yoyok Susetyo, kelebihan motor perpustakaan keliling ini daripada mobil perpustakaan keliling adalah motor perpustakaan keliling ini lebih mudah menjangkau daerah-daerah sempit atau lorong-lorong yang tidak bisa dilalui mobil. Namun buku yang disediakan motor perpustakaan keliling ini tidak sebanyak pada buku yang terdapat di mobil perpustakaan keliling.

Dalam sambutannya Bunda Fey sapaan akrab Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengatakan motor perpusatakaan keliling ini merupakan motor pintar yang juga dilengkapi akses internet. Dengan adanya motor perpustakaan keliling ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama bagi anak-anak dan orang tua saat mengantar anak ke sekolah.

Setelah memberikan sambutannya, Bunda Fey didampingi Yoyok Susetyo memberikan pertanyaan kepada 5 anak-anak TK yang ditunjuk untuk maju kedepan. Setelah menjawab pertanyaan anak-anak tersebut mendapat doorprize.

Sementara itu Lilik Muhibbah atau yang akrab disapa Ning Lik mengatakan anak-anak saat ini lebih tertarik dengan bermain game dan duduk lam di depan televisi daripada membaca. Untuk itu Ning Lik mengajak seluruh orang tua untuk menumbuhkan gemar membaca pada anak. “Mari kita mulai gemar membaca dari orang tua khususnya ibu. Karena minat baca anak bisa dimulai dari orang tuanya” ujar Ning Lik.

Usai memberikan sambutannya Ning Lik juga memberikan pertanyaan kpada 4 anak-anak TK. Selain memberikan pertanyaan, Ning Lik juga meminta salah satu anak untuk menyanyi.

Acara dilanjutkan dengan launching motor perpustakaan keliling yang secara simbolis ditandai dengan pemecahan kendi oleh Ning Lik dan Bunda Fey. Kemudian Ning Lik dan Bunda Fey juga berkeliling untuk melihat buku-buku apa saja yang ada di motor perpustakaan keliling. (kan)

post-top-smn

Baca berita terkait