Sunday, 20 October 2019

Jadwal Pilkada Kab Kediri Berubah

post-top-smn

KURSI PILKADA

Kediri, SMN – Jadwal pelaksanaan Pemilihan Bupati Kediri  berubah, dari yang sebelumnya ditetapkan, pada Januari 2016, kini menjadi bulan Desember 2015. Selain itu, pelaksanaan pemilihan juga akan dilakukan dalam satu putaran saja.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kediri, Syamsuri mengatakan, perubahan jadwal Pilbup didasarkan pada revisi Undang-undang No 1 Tahun 2015 tentang pemilihan kepala daerah. Kondisi ini berpotensi terjadi tarik ulur, karena anggaran sudah ditetapkan sejumlah Rp 46,6 milyar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan asumsi dua putaran.

Pemerintah merancang dalam pilkada ini hanya satu kali putaran saja. sehingga yang dulunya kepala daerah harus menang 30 persen, sekarang sudah dihapus. Berapapun selisihnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati bisa langsung ditetapkan menjadi pemenang tanpa melalui pemilihan lagi

Syamsuri menambahkan, bagi tim sukes pasangan calon bupati yang kalah hanya bisa menempuh jalur hukum, apabila selisihnya di bawah setengah persen dari jumlah suara sah. Hal ini dilakukan, agar para pasangan calon legowo kalau jumlah selisih kekalahan tinggi maka harus menerima hasilnya.

Untuk kelima kalinya, waktu pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kediri, Jawa Timur dirubah. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat kembali menetapkan jadwal Pilbup Kediri pada Februari 2016.

Jadwal Pilbup Kediri semula telah ditetapkan pada Mei 2015, September 2015 dan terakhir 16 Desember 2015. Artinya, waktu pilbup mundur dual bulan. KPUD berlasan, perubahan waktu pilbud dikarenakan adanya peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau perpu. (brtjtm/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait