Sunday, 20 October 2019

Enam Wilayah Jadi Target Pencarian Teroris Poso

post-top-smn

waspadai-terorisme

Sulteng, SMN – Pencarian kelompok teroris di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dengan sandi Camar Maleo 2015 difokuskan pada enam wilayah. Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah AKBP Hari Suprapto menyebutkan enam wilayah tersebut adalah dua kecamatan di Poso Pesisir dan dua wilayah di Kecamatan Lore (Kabupaten Poso), wilayah Sausu (Parigi Moutong), Lembah Napu (Kabupaten Poso dan Sigi), serta Kecamatan Palolo (Kabupaten Sigi).

Dalam melaksanakan pencarian kelompok sipil bersenjata itu Polda Sulawesi Tengah juga melibatkan lima kepolisian resor di sekitar daerah itu. Saat ini Polri sedang melaksanakan Operasi Camar Maleo 2015 yang melibatkan sekitar 1.000 pasukan keamanan dengan dibantu aparat TNI.

Dalam operasi yang telah berlangsung sekitar satu bulan itu, polisi menemukan sejumlah bom, alat peledak, dan puluhan amunisi di hutan yang diduga milik kelompok bersenjata. Di kelompok bersenjata yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut diduga ada tiga warga negara asing yang turut bergabung dengan jaringan Santoso.

Beberapa pekan lalu kelompok yang dipimpin Santoso itu menyerang warga di pinggiran hutan dan menewaskan empat warga sipil. Saat ini masih terdapat tiga warga sipil yang hilang dan diduga diculik oleh kawanan sipil bersenjata itu. Saat ini situasi di Kabupaten Poso secara umum dalam kondisi kondusif.

Hari juga meminta warga Poso untuk tidak terpancing oleh isu-isu provokatif yang sengaja memperkeruh situasi. “Kalau ada hal mencurigakan, segera lapor ke aparat keamanan,” kata mantan Kapolres Buol ini. (kur)

post-top-smn

Baca berita terkait