Tuesday, 12 November 2019

DPR Terjun ke Sumenep Soal UU Desa

post-top-smn

dpr

Sumenep, SMN – Sebanyak tujuh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Komisi I melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sumenep, Selasa (24/02/15). Kunker para senator tersebut untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Komisi I DPD RI ini kan membidangi pemerintahan daerah, hukum, dan pertanahan. Karena itu, kami ingin mengevaluasi pelaksanaan undang-undang desa di Sumenep. Kami perlu masukan dari pihak terkait,” kata anggota DPD RI, I Gede Pasek Suardika.

Menurutnya, kunker ke Sumenep sengaja dilakukan, untuk mencari potret yang lebih variatif tentang pelaksanaan undang-undang desa. Apalagi hingga sekarang masih ada sejumlah peraturan pemerintah (PP) dari UU Desa yang belum terbit.

“Makanya kami perlu masukan dan evaluasi di beberapa daerah. Kalau di kota besar seperti Surabaya kan kurang pas. Makanya kami cari daerah yang lebih jauh, supaya objektif,” ujarnya.

Gede mengungkapkan, inventarisir persoalan-persoalan tersebut dilakukan dengan bertemu bersama pemerintah dan stake holder. “Kan mereka yang melaksanakan undang-undang ini. Jadi mereka lebih tahu apa masalahnya. Apa masukan-masukannya. Setiap daerah pasti beda-beda, karena tiap daerah kan punya ciri khas masing-masing,” ungkapnya. (brtjtm/yu)

post-top-smn

Baca berita terkait