Wednesday, 16 October 2019

Bupati Resmikan Sekretariat FKUB Pertama di Jatim

post-top-smn

= BLITAR - Bupati Blitar

Blitar, SMNBupati Blitar, H.Herry Noegroho didampingi Wakil Bupati Blitar, H. Rijanto dengan disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs.H. Mahfud Shodar,M.Ag, Rabu (14/1), meresmikan Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kelurahan Sawentar, Kecamatan Kanigoro. Dengan berdirinya sekretariat FKUB diharapkan, menjadi ujung tombak dalam menjaga kerukunan hidup beragama bisa menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa.

Bupati Blitar juga menyampaikan, kerukunan umat beragama merupakan tanggungjawab seluruh umat dan pemerintah. Munculnya kerawanan dan potensi konflik umumnya disebabkan perbedaan pemahaman terhadap landasan budaya dan agama masing-masing. Oleh karena itu, kerukunan yang esensial dan fungsional harus dibangun dan dipelihara secara sadar dan terarah oleh kita bersama.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Blitar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pihak atas terbangunnya sekretariat FKUB. Gedung FKUB yang notabene adalah satu-satunya di Jatim ini merupakan tonggak sejarah baru, dalam membina kerukunan beragama di Kabupaten Blitar agar lebih baik. Secara khusus bupati berpesan kepada Badan Kesbanglinmas dan instansi terkait untuk segera memberikan perhatian dan pemikiran yang serius terutama biaya operasional dan pemeliharaan gedung sekretariat ini.

Hal senada juga dituturkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs.H. Mahfud Shodar,M.Ag. Dalam sambutannya pada peresmian Sekretariat FKUB tersebut, diharapkan FKUB semakin meningkat kiprahnya sesuai dengan visi dan misi Kemenag, yakni; Terwujudnya Masyarakat Indonesia Yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri Dan Sejahtera Lahir Batin.” Dengan MISI :1. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama. 2. Meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama. 3. Meningkatkan kualitas raudhatul athfal, madrasah, perguruan tinggi agama, pendidikan agama, dan pendidikan keagamaan. 4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Dan 5. Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar, Drs. Ahmad Mubazir,MA, menjelaskan, Sekretariat FKUB berdiri sebagai impelemntasi Peraturan Menteri Bersama Menteri Agama serta Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006. Serta sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Blitar Nomor:188/214.409/12/KPTS/2014 tanggal 14 Mei 2014 yang telah mmeberikan aset bengkok Kelurahan Sawentar untuk pembangunan gedung ini. Sekretariat yang dibangun diatas lahan sekitar 10×20 m ini, pembangunannya 27 Juni-23 Oktober 2014. Harapannya, keberadaan sekretariat ini meningkatkan tupoksi FKUB untuk menjaga kerukunan di wilayah ini.

Ketua FKUB Kabupaten Blitar, KH. Nur Hidayatullah menyambut positif dengan dibangunnya gedung tersebut. Juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah memberikan ruang tersendiri bagi FKUB yang sebelumnya jadi satu dengan Bakesbangpol. Dia berharap, kerja dan silaturahmi FKUB makin baik.

Peresmian sekretraiat FKUB tersebut ditandai pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Bupati Blitar dan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Dalam acara tersebut diacarakan pula potong tumpeng, sebagai wujud syukur dibangunya gedung simbul kerukunan umat beragama di Kabupaten Blitar. (mam)

post-top-smn

Baca berita terkait