Saturday, 21 September 2019

Bupati Pasaman Resmi Buka MTQ Ke 14 Tingkat Kecamatan Rao Utara

post-top-smn

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’ an (MTQ).

Pasaman, suaramedianasional.co.id – Antusias Masyarakat sekarang saat melihat pelaksanaan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’ an ( MTQ ) sangat lah tinggi terutama di daerah – daerah Kecamatan, Kenagarian ataupun Kejorongan hal tersebut menandakan tingginya minat masyarakat terhadap penyelenggaraan keagamaan.
Hal itu terlihat ketika Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kecamatan Rao Utara di Kejorongan Languang Kenagarian Languang. Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah di mana Bupati dan rombongan disambut dengan Tari Pasambahan yang di bawakan oleh anak anak Paud yang masih belia sekali, walau pun masih duduk di bangku Pendidikan Usia Dini ( PAUD ) tapi mampu memukau rombongan yang datang dan ribuan masyarakat sekitar yang hadir pada acara tersebut.
Selain penampilan tari Pasambahan  juga diperagakan sebuah tari yang menyangkut kegiatan wanita petani disawah oleh siswi SMP 1 Rao Utara  dan Tarian Tor Tor oleh anak – anak  Paud daerah setempat.
Turut Hadir pada acara tersebut Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, Anggota DPRD Propinsi dan Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Dedy Wandra, Kepala Dinas Sosial  Efka Emi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat ( BPM ) Kabupaten Pasaman, Ketua Baznas Pasaman H. Syafrizal, Kabag Humasy setda  Pasaman Aprialdi Said , Kepala Sekolah SLTA, SMP, SD Niniak Mamak, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’ an ( MTQ ) tersebut mempertandingkan sebanyak 6 ( Enam ) Cabang lomba diantaranya, cabang Tarfil, Tahfiz 1 juz, Khutbah Jumat, Syahril dan Bintang Qasidah.
Ketua Pelaksana Acara tersebut Dharmansyah dalam laporanya menyebutkan tujuan di laksanakannya Musabaqah tersebut guna untuk mengembangkan bakat Qori dan Qoriah untuk bisa menghadapi kegiatan Lomba di tingkat yang lebih tinggi, serta mengembangkan minat baca dan cinta Al Qur’ an di tengah tengah masyarakat salah satunya agar terciptanya masyarakat Rao Utara yang  madani, bertagwa, amanah, kreatif dan berakhlak mulia. Terang nya.
Sementara itu Kepala Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Dedy Wandra saat memberikan sambutan pada acara tersebut menyampaikan ucapan  terima kasih kepada Panitia pelaksana dan  masyarakat Rao utara yang telah bersama – sama mensukseskan musabaqah tersebut, dan kepada kafilah ia berpesan, tunjukan niat yang ikhlas dalam mengembangkan bacaan Al Qur’an dan kepada orang tua agar betul dapat membentengi anak anak kita dengan Al Qur’an. pinta Dedy.
Hal yang serupa juga disampaikan, Anggota DPRD Sumatera Barat Sabar AS yang ikut hadir dalam acara tersebut dalam sambutanya mengatakan,  terima kasih yang besar sekali kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, karena telah dapat menyelenggarakan acara keagamaan ini dengan meriah, dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan untuk kita semua. Ucap Sabar AS.
Seterusnya Bupati Pasaman  H. Yusuf Lubis SH.MSi saat memberikan sambutanya pada acara tersebut mengatakan, terima kasih dan apresiasi terhadap Panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ ke 14 Tingkat Kecamatan Rao Utara yang sangat meriah, disamping itu Ia berpesan kepada Camat, seluruh Wali Nagari, Jorong, Panitia dan Dewan Hakim/ juri  betul betul serius dalam pelaksanaan MTQ tersebut, sehingga tercipta Qori dan Qoriah yang handal dan dapat mewakili ketingkat Kabupaten bahkan ketingkat yang lebih tinggi.
Disamping itu Yusuf Lubis juga menegaskan kepada Seluruh Wali Nagari dan Kepala Jorong di Kecatan Rao utara untuk bisa berkantor di Languang dan dilarang meninggalkan daerah tersebut selama kegiatan MTQ berlangsung.
Alasan penegasan Bupati Pasaman tersebut adalah untuk supaya Para Wali Nagari dan Kepala Jorong dapat memberikan semangat dan Motifasi  kepada  kafilah nagarinya masing – masing, hal tersebut juga sangat berkaitan keseriusan pemerintah daerah dalam bekerja.
Ditambah  dengan aturan  Peningkatan Kedisiplinan di Jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman mulai dari Bupati sampai dengan Kejorongan yang tertuang dalam visi Pemerintah Daerah yakni Terciptanya Masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya.
“Dengan Konsisten, Ikhlas, berbunga dan Disiplin ,”. Ungkap Yusuf Lubis.
Usai memberikan sambutanya Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis langsung  melakukan pemukulan beduk tanda  di bukanya secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran ke XIV Tingkat Kecamatan Rao Utara. (mad)
post-top-smn

Baca berita terkait