Wednesday, 16 October 2019

BBGRM KE-15,  TINGKATKAN FUNGSI UNSUR MASYARAKAT DALAM JAMTIBMAS

post-top-smn

Sambutan Bupati Lumajang

LUMAJANG, SMN  –  Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke – 15, dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 46 Kabupaten Lumajang tahun 2018,  di buka  Bupati Lumajang Drs. As’at M. Ag., di Pendopo Kabupaten Lumajang, pada Senin (13/08).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa, Pemerintah Kab. Lumajang sudah menyelesaikan beberapa bangunan fisik. Diantaranya,  membangaun gapura di sebelah barat alun-alun yang berbentuk masjid, jembatan yang berbentuk masjid yang bernama Masjid Agung “Anaz Machfud” dan sebagainya.

Semua itu dilakukan untuk menjadikan alun- alun Lumajang, menjadi tempat rekreasi keluarga yang religius dan nyaman.

“Saat ini kondisi moral anak anak sudah mulai mengkhawatirkan, seperti kriminalitas/ kejahatan yang makin brutal. Ini dilakukan oleh anak-anak dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan,” tegas Bupati.

Karena itu, Bupati menghimbau, agar kepala desa maupun camat untuk meningkatkan fungsi unsur masyarakat  dalam jamtibmas. Semua potensi maupun kemampuan yang ada didayagunakan, demi membangun masyarakat yang makin aman.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As’at menyampaikan, bahwa kerukunan keluarga merupakan benteng utama dalam terbentuknya kesejahteraan masyarakat.

Ketua TP PKK berharap agar anggota masyarakat bahu membahu untuk menciptakan keluarga aman dan nyaman.

“Dalam menyikapi dampak berkembangnya globalisasi komunikasi, saat ini dunia maya berdampak pada sikap dan perilaku, khususnya anak anak. Sehubungan dengan itu, diharapkan kepada orangtua, agar lebih peduli mendampingi anak anaknya, dengan cara sesering mungkin memeriksa HP , agar anak tidak terjerumus pada semaraknya kontens negatif dalam dunia maya,” himbaunya.

Sementara itu Ketua DPRD, H. Agus Wicaksono. S. Sos., menyampaikan, bahwa beberapa program sudah terakomodir, tentang Bupati dan Wakil Bupati,  Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

“Selaku ketua DPRD Kab. Lumajang, serta sebagai lembaga mitra Pemerintah, saya berkeinginan agar Bupati dan Wakil Bupati melakukan rekonsiliasi, sehingga pemikiran Bupati dan Wakil Bupati kedepan, bisa dilakukan bersama sama, demi mengangkat Kabupaten Lumajang ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Patria Dwi Hastiadi. AP. M.Si., melaporkan, mengenai peraturan Menteri Dalam Negeri no 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat di Lumajang, sudah dilaksanakan,  berdasarkan hasil evaluasi  oleh DPMD, bahwa kegiatan tersebut sudah berjalan dengan lancar, dan output  sudah tercapai seperti yang diinginkan.

“Tujuan  BBGRM adalah untuk menjaga dan melestarikan budaya gotong royong, sebagai budaya asli bangsa Indonesia. BBGRM itu, juga untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Gotong Royong terbaik tingkat Kabupaten.  Selain itu, juga diberikan hadiah untuk pemenang lomba tingkat  Desa dan Lurah tingkat Kabupaten.    Begitu pula untuk  Pemenang Lomba Pengelolaan Pasar Desa tingkat Kabupaten, Pemenang Lomba Cipta Inovasi  Teknologi Tata Guna. (Atk).

post-top-smn

Baca berita terkait