Thursday, 17 October 2019

5 Napi Lapas Ngawi Mendapat Remisi Bebas

post-top-smn

NGAWI, SMN – Bupati Ngawi Budi Sulistyono menyerahkan secara simbolis remisi di Lembaga Pemasyarakatan Ngawi, sebelum menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-73 di Alun-alun 17 Agustus 2018. “Remisi ini saya harap dapat menjadi semangat bagi para napi yang lain, agar berkelakuan baik dan tidak mengulangi perbuatannya,” ujar Budi Sulistyono atau acap disapa  Kanang ini.

Pemberian remisi saat peringatan kemerdekaan RI ini salah satu agenda yang dilakukan pemerintah, selain pemberian remisi  atau pengurangan masa tahanan saat hari besar keagamaan. Saat 17 Agustus 2018, ada lima orang nara pidana yang dinyatakan mendapatkan remisi bebas, yakni atas kasus penyalahgunaan narkoba, korupsi, ilegal logging dan pencurian.

Menurut Kepala Subsie Registrasi Pembinaan Kemasyarakatan Lapas Kelas IIB Ngawi, Gatot, S.SP, 184 napi di lapas mendapatkan remisi umum dan ada lima orang yang bebas. “Remisi diberikan ketika narapidana sudah menjalani masa tahanan lebih enam bulan,” ujar Gatot.

Napi diusulkan untuk mendapatkan remisi dengan melihat perilaku selama dalam masa tahanan. Mereka yang berkelakuan baik dan taat aturan lapas, diusulkan mendapatkan remisi. Pemberian remisi kepada napi dan anak pidana yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang mengacu pada PP No 99 Tahun 2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait